Penerapan Metode Pembelajaran Drill Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Kelas X DPIB SMK Negeri 5 Medan

Nababan, Wahyudi (2020) Penerapan Metode Pembelajaran Drill Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Kelas X DPIB SMK Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5152111020 COVER.pdf] Text
1. NIM. 5152111020 COVER.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 2. NIM. 5152111020 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 5152111020 APPROVAL SHEET.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 3. NIM. 5152111020 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 5152111020 ABSTRACT.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 4. NIM. 5152111020 PREFACE.pdf] Text
4. NIM. 5152111020 PREFACE.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 5. NIM. 5152111020 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM. 5152111020 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 6. NIM. 5152111020 TABLES.pdf] Text
6. NIM. 5152111020 TABLES.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 7. NIM. 5152111020 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM. 5152111020 ILLUSTRATION.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 8. NIM. 5152111020 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM. 5152111020 APPENDICES.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 9. NIM. 5152111020 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM. 5152111020 CHAPTER I.pdf

Download (454kB)
[thumbnail of 13. NIM 5152111020 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 5152111020 CHAPTER V.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of 14. NIM 5152111020 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 5152111020 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (211kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik pada siswa kelas X program keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Banguna SMK Negeri 5 Medan melalui metode pembelajara Drill. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 34 orang. Penelitian dilakukan dalam II siklus yaitu siklus I dan siklus II dan setiap siklus ada tiga kali pertemuan yang terdiri dari 6 x 45 menit. Teknik pengumpulan data tes hasil belajar praktek yang menggunakan lembar kerja siswa (job sheet). Hasil penelitian untuk setiap siklus pembelajaran pada siklus I diperoleh hasil belajar peserat didik yang lulus sebanyak 21 orang dengan persentase 61,76% dengan rata-rata yang diperoleh peserta didik yaitu 78,91 dan yang tidak lulus sebanyak 13 orang dengan persentase 38,24% meningkat menjadi 34 orang peserta didik yang lulu dengan persentase 100% dengan nilai rata-rata yang diperoleh peserta 86,17 pada siklus ke II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar tekik pada kelas X program keahlian desain pemodelan dan informasi bagunan SMK Negeri 5 Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Metode Pembelajaran Drill; hasil belajar gambar teknik
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T351 Mechanical drawing. Engineering graphics
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 17 May 2024 09:23
Last Modified: 17 May 2024 09:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56996

Actions (login required)

View Item
View Item