Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Konstruksi Jalan Jembatan Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Desain Permodelan Dan Informasi Bangunan Di SMK Negeri 2 Binjai

Sihombing, Fransiscus (2020) Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Konstruksi Jalan Jembatan Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Desain Permodelan Dan Informasi Bangunan Di SMK Negeri 2 Binjai. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM 5153111024 COVER.pdf] Text
01. NIM 5153111024 COVER.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 02. NIM 5153111024 APPROVAL SHEET.pdf] Text
02. NIM 5153111024 APPROVAL SHEET.pdf

Download (765kB)
[thumbnail of 03. NIM 5153111024 ABSTRACT.pdf] Text
03. NIM 5153111024 ABSTRACT.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of 04. NIM 5153111024 PREFACE.pdf] Text
04. NIM 5153111024 PREFACE.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of 05. NIM 5153111024 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
05. NIM 5153111024 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (346kB)
[thumbnail of 06. NIM 5153111024 TABLES.pdf] Text
06. NIM 5153111024 TABLES.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of 07. NIM 5153111024 ILLUSTRATIONS.pdf] Text
07. NIM 5153111024 ILLUSTRATIONS.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of 08. NIM 5153111024 APPENDICES.pdf] Text
08. NIM 5153111024 APPENDICES.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 09. NIM 5153111024 CHAPTER I.pdf] Text
09. NIM 5153111024 CHAPTER I.pdf

Download (634kB)
[thumbnail of 13. NIM 5153111024 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 5153111024 CHAPTER V.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of 14. NIM 5153111024 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 5153111024 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (203kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mempelajari peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan melalui penerapan model pembelajaran Make A Match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Binjai yang terdiri dari 31 siswa. Penelitian ini dilakukan 2 siklus dengan tahapan tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan materi spesifikasi bahan perkerasan jalan. Teknik analisis data dengan menggunakan tes soal pilihan berganda dengan 4 option sebanyak 21 soal disiklus 1 dan 24 soal disiklus 2. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI DPIB SMK Negeri 2 Binjai. Pada siklus I yaitu rata-rata 76,03 dengan persentase kelulusan kelas 67,74 % dan pada siklus II meningkat yaitu rata-rata 83,870dengan persentase kelulusan kelas 93,54 %. Diharapkan metode pada penelitian ini dapat menjadi alternatif yang relevan dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran Make A Match; Konstruksi Jalan dan Jembatan
Subjects: T Technology > TG Bridge engineering
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 17 May 2024 08:36
Last Modified: 17 May 2024 08:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56986

Actions (login required)

View Item
View Item