Pakpahan, Nora Sahari (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung Kelas XI Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5162111018 COVER.pdf
Download (182kB)
2. NIM. 5162111018 APPROVAL SHEET.pdf
Download (622kB)
3. NIM. 5162111018 ABSTRACT.pdf
Download (157kB)
4. NIM. 5162111018 PREFACE.pdf
Download (172kB)
5. NIM. 5162111018 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (67kB)
6. NIM. 5162111018 TABLES.pdf
Download (36kB)
7. NIM. 5162111018 ILLUSTRATION.pdf
Download (64kB)
8. NIM. 5162111018 APPENDICES.pdf
Download (35kB)
9. NIM. 5162111018 CHAPTER I.pdf
Download (647kB)
13. NIM. 5162111018 CHAPTER V.pdf
Download (167kB)
14. NM. 5162111018 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (267kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung siswa kelas XI DPIB di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan menggunakan Adobe Flash CS6 (2) Mengetahui tingkat validitas media pembelajaran yang dikembangkan sebagai media pembelajaran bagi siswa. Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dikembangkan menggunakan beberapa software yang terdiri dari Adobe Flash CS6, Vegas pro 11, dan Photoshop CS5. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model desain intruktional ADDIE yang terdiri atas: (1) analysis, (2) design, (3) development & implementation, dan (4) evaluation. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan responden penelitian siswa kelas XI program keahlian Desain Pemodelan dan Informasi dan Bangunnan (DPIB). Tahap pengujian kelayakan produk dilakukan penilaian oleh dua ahli materi dan satu ahli media. Pada tahap evaluasi produk terdiri dari evalusi formatif yaitu evaluasi yang dilakukan selama dan diantara tahapa-tahapann pengembangan produk, dan evaluasi sumatif yaitu penilaian oleh siswa sebagai pengguna. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket. Teknik analisis data dilakukan dengan hitungan statistik deskriptif. Adapun hasil penelitian adalah: (1) produk multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung pada kompetensi dasar menerapkan prosedur menggambar detail kusen pintu dan jendela dan menggambar detail kusen pintu dan jendela (2) kelayakan produk berdasarkan validasi ahli materi diperoleh rerata skor sebesar 4,25 dengan kriteria “baik” termasuk dalam iterpretasi “sangat layak“. Sedangkan berdasarkan validasi ahli media diperoleh rerata skor sebesar 3,8 dengan kriteria “baik” termasuk dalam iterpretasi “sangat layak“. Penilaian siswa melalui angket user/pengguna mendapatkan rerata skor sebesar 4,671 dengan kriteria “baik” termasuk dalam iterpretasi “akspentasi sangat tinggi“ dalam arti tingkat penerimaan oleh siswa tergolong tinggi. Penilaian respon siswa mendapatkan rerata skor sebesar 4,43 dan termasuk dalam interpretasi “sangat layak”. Dengan demikian media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dan tingkat penerimaan oleh siswa terhadap multimedia tegolong tinggi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Multimedia interaktif |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 17 May 2024 08:19 |
Last Modified: | 17 May 2024 08:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56978 |