Tobing, Hilman Suhada L. (2020) Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan Siswa Kelas XI SMK N 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5151111026 COVER.pdf
Download (178kB)
2. NIM. 5151111026 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. NIM. 5151111026 ABSTRACT.pdf
Download (191kB)
4. NIM. 5151111026 PREFACE.pdf
Download (137kB)
5. NIM. 5151111026 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (93kB)
6. NIM. 5151111026 TABLES.pdf
Download (35kB)
7. NIM. 5151111026 ILLUSTRATION.pdf
Download (33kB)
8. NIM. 5151111026 APPENDICES.pdf
Download (34kB)
9. NIM. 5151111026 CHAPTER I.pdf
Download (445kB)
13. NIM. 5151111026 CHAPTER V.pdf
Download (195kB)
14. NIM. 5151111026 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (143kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak melalui penerapan pembelajaran Explicit Instruction. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di kelas XI kompetensi keahlian desain pemodelan informasi dan bangunan yang terdiri dari 24 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil pengamatan. Indikator keberhasilan adalah belajar siswa mampu mencapai nilai > 80 %. Pada latihan Jobsheet I, hasil belajar yang diperoleh yaitu 1 orang siswa tergolong dalam kategori Sangat Kompeten, 11 kategori Kompeten, 6 orang kategori Cukup Kompeten, dan terdapat 6 orang dalam kategori Tidak Kompeten. Sementara pada Uji latihan Jobsheet II, hasil belajar yang diperoleh yaitu 4 orang siswa tergolong dalam kategori Sangat Kompeten, 15 kategori Kompeten, 5 orang kategori Cukup Kompeten, dan tidak terdapat lagi siswa dalam kategori Tidak Kompeten. Hasil penelitian menunjukkan perolehan hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 81,25 dengan persentase kelulusan 75,00 % dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 87,71 dengan persentase kelulusan 100%. Simpulan yang dapat diambil adalah penerapan model pembelajaran Explicit Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI DPIB IV mata pelajaran Menggambar Dengan Perangkat Lunak di SMK Negeri 5 Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Explicit Instruction; Menggambar Dengan Perangkat Lunak |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > T Technology (General) > T351 Mechanical drawing. Engineering graphics T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 17 May 2024 08:12 |
Last Modified: | 17 May 2024 08:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56975 |