Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun TK Katolik Assisi Medan

Sitorus, Putra Pamungkas (2023) Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun TK Katolik Assisi Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193313029_Cover.pdf] Text
1193313029_Cover.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 1193313029_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193313029_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of 1193313029_Abstrak.pdf] Text
1193313029_Abstrak.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 1193313029_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193313029_Kata_Pengantar.pdf

Download (395kB)
[thumbnail of 1193313029_Daftar_Isi.pdf] Text
1193313029_Daftar_Isi.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 1193313029_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193313029_Daftar_Tabel.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 1193313029_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193313029_Daftar_Gambar.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 1193313029_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193313029_Daftar_Lampiran.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 1193313029_BAB_I.pdf] Text
1193313029_BAB_I.pdf

Download (421kB)
[thumbnail of 1193313029_BAB_V.pdf] Text
1193313029_BAB_V.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of 1193313029_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193313029_Daftar_Pustaka.pdf

Download (61kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah peserta didik belum mampu memahami
beberapa simbol huruf dan daya ingat peserta didik terhadap simbol huruf yang diajarkan guru tidak melekat, peserta didik lebih menyukai belajar dengan gambar-gambar, media pembelajaran yang disediakan oleh guru di sekolah kurang bervariasi tingkat kemampuan membaca anak masih rendah dan tidak adanya penggunaan media flashcard di sekolah pada keberlangsungan
pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh
menggunakan media flashcard Flashcard terhadap kemampuan membaca anak
usia 5-6 tahun di TK Katolik Assisi Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif (quasi eksperimental) dengan bentuk The Equivalent Time Sample Design. Populasi penelitian ini ialah seluruh anak di TK Katolik Assisi Medan yang berjumlah 28 orang anak. Teknik pengambilan sampel dengan melihat daftar nilai terendah dari data guru yaitu berjumlah 15 orang anak. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik nonparametrik yaitu uji Uji Wilcoxon. hasil perhitungan dan uji hipotesis data diperoleh nilai Jhitung = 6 dan ttabel 25 (dengan taraf signifikansi 0,05) maka nilai Jhitung < dari 0,05 sehingga hipotesis menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media
flashcard terhadap kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di TK Katolik
Assisi Medan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima sehingga
dapat dinyatakan bahwa “Ada pengaruh yang signifikan dari media flashcard
terhadap kemampuan membaca pada anak usia 5-6 tahun di TK Katolik Assisi
Medan”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Flashcard, Kemampuan Membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 17 May 2024 07:52
Last Modified: 30 May 2024 03:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56971

Actions (login required)

View Item
View Item