Sitorus, Putra Pamungkas (2023) Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun TK Katolik Assisi Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193313029_Cover.pdf
Download (44kB)
1193313029_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (302kB)
1193313029_Abstrak.pdf
Download (133kB)
1193313029_Kata_Pengantar.pdf
Download (395kB)
1193313029_Daftar_Isi.pdf
Download (183kB)
1193313029_Daftar_Tabel.pdf
Download (80kB)
1193313029_Daftar_Gambar.pdf
Download (61kB)
1193313029_Daftar_Lampiran.pdf
Download (65kB)
1193313029_BAB_I.pdf
Download (421kB)
1193313029_BAB_V.pdf
Download (268kB)
1193313029_Daftar_Pustaka.pdf
Download (61kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah peserta didik belum mampu memahami
beberapa simbol huruf dan daya ingat peserta didik terhadap simbol huruf yang diajarkan guru tidak melekat, peserta didik lebih menyukai belajar dengan gambar-gambar, media pembelajaran yang disediakan oleh guru di sekolah kurang bervariasi tingkat kemampuan membaca anak masih rendah dan tidak adanya penggunaan media flashcard di sekolah pada keberlangsungan
pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh
menggunakan media flashcard Flashcard terhadap kemampuan membaca anak
usia 5-6 tahun di TK Katolik Assisi Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif (quasi eksperimental) dengan bentuk The Equivalent Time Sample Design. Populasi penelitian ini ialah seluruh anak di TK Katolik Assisi Medan yang berjumlah 28 orang anak. Teknik pengambilan sampel dengan melihat daftar nilai terendah dari data guru yaitu berjumlah 15 orang anak. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik nonparametrik yaitu uji Uji Wilcoxon. hasil perhitungan dan uji hipotesis data diperoleh nilai Jhitung = 6 dan ttabel 25 (dengan taraf signifikansi 0,05) maka nilai Jhitung < dari 0,05 sehingga hipotesis menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media
flashcard terhadap kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di TK Katolik
Assisi Medan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima sehingga
dapat dinyatakan bahwa “Ada pengaruh yang signifikan dari media flashcard
terhadap kemampuan membaca pada anak usia 5-6 tahun di TK Katolik Assisi
Medan”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Flashcard, Kemampuan Membaca |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 17 May 2024 07:52 |
Last Modified: | 30 May 2024 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56971 |