Sinaga, Rio Marcellino (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN KVISOFT FLIPBOOK MAKER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4192411020_Cover.pdf
Download (72kB)
4192411020_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (213kB)
4192411020_Abstrak.pdf
Download (258kB)
4192411020_Kata_Pengantar.pdf
Download (265kB)
4192411020_Daftar_Isi.pdf
Download (182kB)
4192411020_Daftar_Tabel.pdf
Download (153kB)
4192411020_Daftar_Gambar.pdf
Download (126kB)
4192411020_Daftar_Lampiran.pdf
Download (239kB)
4192411020_BAB_I.pdf
Download (605kB)
4192411020_BAB_V.pdf
Download (218kB)
4192411020_Daftar_Pustaka.pdf
Download (249kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui validitas E-LKPD berbasis discovery learning, (2) Mengetahui kepraktisan E-LKPD berbasis discovery learning, (3) Mengetahui efektivitas E-LKPD berbasis discovery learning, (4) Mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui E-LKPD berbasis discovery learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengikuti model Dick & Carey, (1996) yaitu model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahap yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pada penelitian ini yang dikembangkan adalah E-LKPD, tes untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif, kuesioner respon siswa, dan wawancara yang sudah memenuhi kriteria valid atau layak digunakan oleh para ahli. Karena keterbatasan peneliti, penelitian ini dilakukan sampai tahap pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 1 Sidikalang. Analisis statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis data selama pengembangan E-LKPD. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Pengembangan E-LKPD berbasis discovery learning dengan bantuan kvisoft flipbook maker, memenuhi kriteria validitas dengan skor rata-rata 87, (2) E-LKPD berbasis discovery learning masih belum memenuhi kriteria kepraktisan ditinjau dari penggunaan diluar kelas, (3) Efektivitas E-LKPD berbasis discovery learning yang dikembangkan adalah sebagai berikut: (a) ketuntasan belajar klasikal siswa memiliki rata-rata 88,89%, (b) indikator mencapai kriteria keefektifan, (c) respon siswa terhadap semua aspek yang dinilai pada E-LKPD positif dengan skor di atas 80% untuk semua aspek, (4) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui E-LKPD ditunjukkan dengan skor rata-rata 75 dalam uji coba lapangan yang dilakukan oleh peneliti
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD), Discovery Learning, Kvisoft Flipbook Maker, Kemampuan Berpikir Kreatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 17 May 2024 05:06 |
Last Modified: | 17 May 2024 05:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56962 |