Tanjung, Dian Ramadhani (2016) PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO TERHADAP KEMANDIRIAN, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM GERAK SMA NASIONAL PLUS CINTA BUDAYA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136173005 COVER.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
2. NIM. 8136173005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
3. NIM. 8136173005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
4. NIM. 8136173012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
5. NIM. 8136173005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
6. NIM. 8136173005 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
7. NIM. 8136173005 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
8. NIM. 8136173005 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
9. NIM. 8136173005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
13. NIM. 8136173005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
14. NIM. 8136173005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui: pengaruh Motivasi belajar, kemandirian belajar dan penggunaan E-Learning berbasis Edmodo terhadap Hasil Belajar siswa dan persepsis siswa terhadap pembejaran ini. SMA Nasional Plus Cinta Budaya. Penelitian quasi eksperimen ini menggunakan pretest and postest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI dimana terdapat tiga kelas paralel, dua diantaranya dipilih menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas XI MIPA1 Menggunakan E-learning berbasis Edmodo dan kelas XI MIPA2 tanpa menggunakan E-learning berbasis Edmodo. Dua instrumen tes digunakan dalam penelitian ini: (1) tes hasil belajar dan (2) angket motivasi belajar, kemandirian belaja, dan persepsi penggunaan Edmodo. Uji persyaratan menunjukkan bahwa data terdistribusi normal dan homogen. Data diuji menggunakan uji-t tidak berpasangan dan analisis kovarian (ANAKOVA) pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan bantuan program SPSS 19.0. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh E_learning berbasis Edmodo terhadap (1) hasil belajar (t = 2,658; P = 0,009); (2) hasil belajar terpengaruh oleh motivasi belajar (F = F = 3,035; P = 0,085); (3) hasil belajar terpengaruh oleh Kemandirian belajar (F = 0,271; P = 0,604); dan (4) Siswa pada kelas eksperimen secara umum menunjukkan persepsi yang positif terhadap pembelajaran menggunakan Edmodo, sehingga dapat dikatakan E-learning bebasis Edmodo memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan pembelajaran tanpa menggunakan strategi ini. Proses pembelajaran dalam E-learning berbasis Edmodo menjadi lebih dinamis dan menyenangkan sehingga meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar yang besar pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 573.707 12 Tan p |
Keywords: | Motivasi belajar; Pembelajaran sains; Kurikulum 2013; Kemandirian belajar; E-learning edmodo |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 Jun 2016 04:49 |
Last Modified: | 10 Jun 2016 04:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5696 |