PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO TERHADAP KEMANDIRIAN, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM GERAK SMA NASIONAL PLUS CINTA BUDAYA MEDAN

Tanjung, Dian Ramadhani (2016) PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO TERHADAP KEMANDIRIAN, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM GERAK SMA NASIONAL PLUS CINTA BUDAYA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8136173005 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8136173005 COVER.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8136173005 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8136173005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8136173005 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8136173005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 4.  NIM. 8136173012 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8136173012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8136173005 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8136173005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8136173005 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8136173005 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8136173005 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8136173005 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8136173005 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8136173005 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8136173005 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8136173005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8136173005 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8136173005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8136173005 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8136173005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui: pengaruh Motivasi belajar, kemandirian belajar dan penggunaan E-Learning berbasis Edmodo terhadap Hasil Belajar siswa dan persepsis siswa terhadap pembejaran ini. SMA Nasional Plus Cinta Budaya. Penelitian quasi eksperimen ini menggunakan pretest and postest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI dimana terdapat tiga kelas paralel, dua diantaranya dipilih menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas XI MIPA1 Menggunakan E-learning berbasis Edmodo dan kelas XI MIPA2 tanpa menggunakan E-learning berbasis Edmodo. Dua instrumen tes digunakan dalam penelitian ini: (1) tes hasil belajar dan (2) angket motivasi belajar, kemandirian belaja, dan persepsi penggunaan Edmodo. Uji persyaratan menunjukkan bahwa data terdistribusi normal dan homogen. Data diuji menggunakan uji-t tidak berpasangan dan analisis kovarian (ANAKOVA) pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan bantuan program SPSS 19.0. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh E_learning berbasis Edmodo terhadap (1) hasil belajar (t = 2,658; P = 0,009); (2) hasil belajar terpengaruh oleh motivasi belajar (F = F = 3,035; P = 0,085); (3) hasil belajar terpengaruh oleh Kemandirian belajar (F = 0,271; P = 0,604); dan (4) Siswa pada kelas eksperimen secara umum menunjukkan persepsi yang positif terhadap pembelajaran menggunakan Edmodo, sehingga dapat dikatakan E-learning bebasis Edmodo memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan pembelajaran tanpa menggunakan strategi ini. Proses pembelajaran dalam E-learning berbasis Edmodo menjadi lebih dinamis dan menyenangkan sehingga meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar yang besar pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 573.707 12 Tan p
Keywords: Motivasi belajar; Pembelajaran sains; Kurikulum 2013; Kemandirian belajar; E-learning edmodo
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 10 Jun 2016 04:49
Last Modified: 10 Jun 2016 04:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5696

Actions (login required)

View Item
View Item