Purba, Anggriani Agnesia (2020) Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Dan Teknik Pengukuran Tangan Kelas X Program Keahian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan Smk Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5153111007 COVER.pdf
Download (199kB)
2. NIM 5153111007 APPROVAL SHEET.pdf
Download (575kB)
3. NIM 5153111007 ABSTRACT.pdf
Download (63kB)
4. NIM 5153111007 PREFACE.pdf
Download (282kB)
5. NIM 5153111007 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (220kB)
6. NIM 5153111007 TABLES.pdf
Download (134kB)
7. NIM 5153111007 ILLUSTRATION.pdf
Download (34kB)
8. NIM 5153111007 APPENDICES.pdf
Download (61kB)
9. NIM 5153111007 CHAPTER I.pdf
Download (397kB)
13. NIM 5153111007 CHAPTER V.pdf
Download (202kB)
14. NIM 5153111007 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (334kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Dan Teknik Pengukuran Tanah melalui penerapan model pembelajaran Mind Mapping. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di kelas X kompetensi keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan yang terdiri dari 28 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil pengamatan. Pada uji coba tes hasil belajar siklus I, dari 30 soal diperoleh 23 soal yang valid, dari data yang valid uji tingkat kesukaran didapat 9 soal yang mudah, 12 soal yang sedang dan 2 soal yang sulit. Uji daya beda 1 soal kategori jelek, 15 soal kategori cukup dan 7soal kategori baik. Sedangkan pada siklus II, dari 30 soal diperoleh 20 soal yang valid, dan uji tingkat kesukaran didapat 19 soal yang sedang dan 1soal yang sulit. Uji daya 1 soal kategori jelek, 13 soal kategori cukup dan 6 soal kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada siklus I sebesar 73,93 sedangkan pada siklus II rata-rata nilai aktivitas siswa adalah 83,04, terjadi peningkatan sebesar 9,11. Hasil penelitian menunjukkan perolehan hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 75,47 dengan persentase kelulusan 60,71 % dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 85,41 dengan persentase kelulusan 100%. Simpulan yang dapat diambil adalah penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X DPIB3 mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Dan Teknik Pengukuran Tanah di SMK Negeri 5 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 17 May 2024 03:14 |
Last Modified: | 17 May 2024 03:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56946 |