PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATISSISWA SMP NEGERI 35 MEDAN

Zendrato, Triska Julivia (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATISSISWA SMP NEGERI 35 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4193311051_Cover.pdf] Text
4193311051_Cover.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of 4193311051_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193311051_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (328kB)
[thumbnail of 4193311051_Abstrak.pdf] Text
4193311051_Abstrak.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 4193311051_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193311051_Kata_Pengantar.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of 4193311051_Daftar_Isi.pdf] Text
4193311051_Daftar_Isi.pdf

Download (477kB)
[thumbnail of 4193311051_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193311051_Daftar_Gambar.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 4193311051_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193311051_Daftar_Tabel.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 4193311051_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193311051_Daftar_Lampiran.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of 4193311051_BAB_I.pdf] Text
4193311051_BAB_I.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of 4193311051_BAB_V.pdf] Text
4193311051_BAB_V.pdf

Download (60kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII-8 SMPN 35 Medan setelah diterapkannya model pembelajaran tipe TAI . Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-8 SMPN 35 Medan yang berjumlah 25 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model tipe TAI unutk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII-8 SMPN 35 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Sebelum memberikan tindakan,terlebih dahulu diberikan tes kemampuan awal untuk mengetahui kemampuan awal. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I terdapat 12 siswa (48%) telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 13 siswa (52%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata kelas 67,42. Pada siklus II terdapat 22 siswa (88%) telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 3 siswa (12%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata kelas 82,3. Peningkatan rata-rata kemampuan siswa pada siklus I ke siklus II pada indikator memahami masalah sebesar 3,peningkatan rata-rata kemampuan siswa dalam merencanakan pemecahan masalah sebesar 16,36, ,peningkatan rata-rata kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah sesuai rencana sebesar 20,88,dan peningkatan rata-rata kemampuan siswa dalam memeriksa kembali sebesar 20. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa kelas sudah memenuhi indikator keberhasilan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran tipe TAI dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan pemecahan masalah; Objek penelitian; Indikator
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 17 May 2024 03:06
Last Modified: 17 May 2024 03:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56941

Actions (login required)

View Item
View Item