Zendrato, Triska Julivia (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATISSISWA SMP NEGERI 35 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193311051_Cover.pdf
Download (51kB)
4193311051_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (328kB)
4193311051_Abstrak.pdf
Download (62kB)
4193311051_Kata_Pengantar.pdf
Download (166kB)
4193311051_Daftar_Isi.pdf
Download (477kB)
4193311051_Daftar_Gambar.pdf
Download (237kB)
4193311051_Daftar_Tabel.pdf
Download (238kB)
4193311051_Daftar_Lampiran.pdf
Download (264kB)
4193311051_BAB_I.pdf
Download (312kB)
4193311051_BAB_V.pdf
Download (60kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII-8 SMPN 35 Medan setelah diterapkannya model pembelajaran tipe TAI . Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-8 SMPN 35 Medan yang berjumlah 25 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model tipe TAI unutk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII-8 SMPN 35 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Sebelum memberikan tindakan,terlebih dahulu diberikan tes kemampuan awal untuk mengetahui kemampuan awal. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I terdapat 12 siswa (48%) telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 13 siswa (52%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata kelas 67,42. Pada siklus II terdapat 22 siswa (88%) telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 3 siswa (12%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata kelas 82,3. Peningkatan rata-rata kemampuan siswa pada siklus I ke siklus II pada indikator memahami masalah sebesar 3,peningkatan rata-rata kemampuan siswa dalam merencanakan pemecahan masalah sebesar 16,36, ,peningkatan rata-rata kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah sesuai rencana sebesar 20,88,dan peningkatan rata-rata kemampuan siswa dalam memeriksa kembali sebesar 20. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa kelas sudah memenuhi indikator keberhasilan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran tipe TAI dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan pemecahan masalah; Objek penelitian; Indikator |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 17 May 2024 03:06 |
Last Modified: | 17 May 2024 03:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56941 |