-, Mariana (2023) Pengaruh Media Monopoli Tehadap Hasil Belajar Peserta Didik Tema 6 Subtema 1 di Kelas V SDN 106158 Pematang Johar T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193311096_Cover.pdf
Download (87kB)
1193311096_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (410kB)
1193311096_Abstrak.pdf
Download (159kB)
1193311096_Kata_Pengantar.pdf
Download (195kB)
1193311096_Daftar_Isi.pdf
Download (142kB)
1193311096_Daftar_Gambar.pdf
Download (79kB)
1193311096_Daftar_Lampiran.pdf
Download (81kB)
1193311096_BAB_I.pdf
Download (302kB)
1193311096_BAB_V.pdf
Download (221kB)
1193311096_Daftar_Pustaka.pdf
Download (173kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media monopoli berbasis aplikasi genially terhadap hasil belajar peserta didik tema 6 subtema 1 di kelas V SDN 106158 Pematang Johar T.A 2022.2023. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 106158 Pematang Johar kelas V semester II tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis Quasi Experiment Design menggunakan tipe Non-Equivalent Control Group. Sampel Penelitian ini kelas V-C sebagai kelas eksperimen dan kelas V-D sebagai kelas kontrol yang berjumlah 46 orang peserta didik. Instrumen dan tehnik pengumpulan data penelitian yaitu tes hasil belajar berupa pilihan berganda sebanyak 20 butir soal yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dan homogenitas sebagai uji prasyarat, uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil uji statistik menunjukkan rata-rata hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media monopoli berbasis aplikasi genially sebesar 78,13, sedangkan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pemebelajaran konvensional sebesar 69,32. Hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 5% (0,05) diperoleh hasil �ℎ����� >������ yaitu 2,885 > 2,015 dan nilai Sig.(2-tailed) < 0,025 yaitu 0,003 < 0,025. Sehingga dinyatakan bahwa �0 ditolak dan �� diterima. Dengan demikian disimpulkan ada pengaruh media monopoli berbasis aplikasi genially terhadap hasil belajar peserta didik tema 6 subtema 1 di kelas V SDN 106158 Pematang Johar T.A. 2022/2023
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Monopoli; Genially; Hasil Belajar; Pembelajaran Tematik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 17 May 2024 08:27 |
Last Modified: | 17 May 2024 08:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56935 |