Pengaruh Media Monopoli Tehadap Hasil Belajar Peserta Didik Tema 6 Subtema 1 di Kelas V SDN 106158 Pematang Johar T.A 2022/2023

-, Mariana (2023) Pengaruh Media Monopoli Tehadap Hasil Belajar Peserta Didik Tema 6 Subtema 1 di Kelas V SDN 106158 Pematang Johar T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193311096_Cover.pdf] Text
1193311096_Cover.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 1193311096_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311096_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (410kB)
[thumbnail of 1193311096_Abstrak.pdf] Text
1193311096_Abstrak.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of 1193311096_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311096_Kata_Pengantar.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 1193311096_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311096_Daftar_Isi.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 1193311096_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311096_Daftar_Gambar.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 1193311096_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311096_Daftar_Lampiran.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 1193311096_BAB_I.pdf] Text
1193311096_BAB_I.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of 1193311096_BAB_V.pdf] Text
1193311096_BAB_V.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 1193311096_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311096_Daftar_Pustaka.pdf

Download (173kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media monopoli berbasis aplikasi genially terhadap hasil belajar peserta didik tema 6 subtema 1 di kelas V SDN 106158 Pematang Johar T.A 2022.2023. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 106158 Pematang Johar kelas V semester II tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis Quasi Experiment Design menggunakan tipe Non-Equivalent Control Group. Sampel Penelitian ini kelas V-C sebagai kelas eksperimen dan kelas V-D sebagai kelas kontrol yang berjumlah 46 orang peserta didik. Instrumen dan tehnik pengumpulan data penelitian yaitu tes hasil belajar berupa pilihan berganda sebanyak 20 butir soal yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dan homogenitas sebagai uji prasyarat, uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil uji statistik menunjukkan rata-rata hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media monopoli berbasis aplikasi genially sebesar 78,13, sedangkan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pemebelajaran konvensional sebesar 69,32. Hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 5% (0,05) diperoleh hasil �ℎ����� >������ yaitu 2,885 > 2,015 dan nilai Sig.(2-tailed) < 0,025 yaitu 0,003 < 0,025. Sehingga dinyatakan bahwa �0 ditolak dan �� diterima. Dengan demikian disimpulkan ada pengaruh media monopoli berbasis aplikasi genially terhadap hasil belajar peserta didik tema 6 subtema 1 di kelas V SDN 106158 Pematang Johar T.A. 2022/2023

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Monopoli; Genially; Hasil Belajar; Pembelajaran Tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 17 May 2024 08:27
Last Modified: 17 May 2024 08:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56935

Actions (login required)

View Item
View Item