PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS POTENSI LOKAL PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA KELAS XII

Lase, Natalia Kristiani (2016) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS POTENSI LOKAL PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA KELAS XII. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8146173014 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8146173014 COVER.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8146173014 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8146173014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8146173014 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8146173014 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8146173014  PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8146173014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8146173014 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8146173014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8146173014 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8146173014 TABLES.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8146173014 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8146173014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8146173014 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8146173014 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8146173014 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8146173014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8146173014 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8146173014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8146173014 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8146173014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis potensi lokal pada mata pelajaran biologi SMA kelas XII yang layak secara empiris. Kelayakan LKS diperoleh melalui validasi ahli materi untuk menilai kelayakan isi dan kelayakan penyajian materi LKS, ahli desain untuk menilai kelayakan desain LKS, penilaian guru biologi serta respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan. Pemanfaatan potensi lokal sesuai dengan kurikulum yang memberikan kebebasan pada setiap sekolah memperhatikan potensi sekolah dan daerah sekitar. Hal ini dapat dilakukan dengan memasukkan unsur potensi lokal dalam kegiatan pembelajaran melalui pembuatan media pembelajaran berupa LKS. Contoh potensi lokal yang telah diintegrasikan ke dalam LKS yaitu pengolahan tuak suling (diintegrasikan ke dalam materi metabolisme sel, fermentasi alkohol), pada aktivitas materi bioteknologi dimasukkan kegiatan membuat ekstrak santan kelapa untuk menghasilkan minyak makan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan dan pendistribusian. Namun pada penelitian ini tahap pendistribusian tidak dilakukan. Prosedur pengembangannya dimulai dari tahap: (1) analisis masalah; (2) perancangan LKS; (3) validasi dan uji coba LKS. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi yang meliputi aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan desain dan angket respon guru dan siswa. Data validasi dan angket respon guru dan siswa yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Kelayakan isi dan kelayakan penyajian LKS biologi SMA kelas XII berbasis potensi lokal yang telah dikembangkan menurut ahli materi adalah sangat baik, dimana kelayakan isi memiliki persentase skor rata-rata 88,10% dan aspek kelayakan penyajian LKS memiliki persentase skor rata-rata 91,35%. Kelayakan desain LKS biologi SMA kelas XII berbasis potensi lokal yang telah dikembangkan menurut ahli desain adalah sangat baik dengan persentase skor 97%. Kelayakan LKS biologi SMA kelas XII berbasis potensi lokal yang telah dikembangkan menurut penilaian guru dan siswa adalah sangat baik, dengan persentase skor penilaian guru 92,33%, dan persentase skor respon siswa pada uji coba perorangan adalah 77,78% (baik), uji coba kelompok kecil 85% (sangat baik) dan uji coba kelompok besar 88,79% (sangat baik).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 570.071 2 Las p
Keywords: Miskonsepsi; Potensi lokal; Remediasi; Lembar kegiatan siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 10 Jun 2016 04:15
Last Modified: 10 Jun 2016 04:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5693

Actions (login required)

View Item
View Item