Apriyanti, Happy (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Materi Budaya Hidup Sehat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD N 106161 Laut Dendang T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1192411042_Cover.pdf
Download (6MB)
1192411042_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (519kB)
1192411042_Abstrak.pdf
Download (228kB)
1192411042_Kata_Pengantar.pdf
Download (230kB)
1192411042_Daftar_Isi.pdf
Download (355kB)
1192411042_Daftar_Tabel.pdf
Download (214kB)
1192411042_Daftar_Lampiran.pdf
Download (211kB)
1192411042_BAB_I.pdf
Download (451kB)
1192411042_BAB_V.pdf
Download (299kB)
1192411042_Daftar_Pustaka.pdf
Download (340kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui validitas media pembelajaran, mengetahui kepraktisan media pembelajaran dan mengetahui efektivitas media pembelajaran yang dikembangkan pada materi budaya hidup sehat. Adapun jenis penelitian merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil validasi oleh ahli materi terhadap media pembelajaran berbasis video diperoleh skor dengan persentase sebesar 94% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh skor dengan persentase 92,2% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil penilaian media oleh guru diperoleh skor dengan persentase 89% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Sedangkan hasil respon siswa diperoleh skor dengan persentase 82% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil implementasi ditemukan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik, dimana rata-rata hasil belajar pada pre test yaitu 53,52 sedangkan rata-rata pada post test yaitu 81,85. Pembelajaran dengan menggunakan media video di kelas III pada materi budaya hidup sehat efektif digunakan. Hal ini terbukti dari rata-rata skor N-Gain persen sebesar 56,55 dengan kategori “Efektif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran Video; Budaya Hidup Sehat; Penelitian dan Pengembangan; Model ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 17 May 2024 02:29 |
Last Modified: | 17 May 2024 02:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56929 |