Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Materi Budaya Hidup Sehat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD N 106161 Laut Dendang T.A 2022/2023.

Apriyanti, Happy (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Materi Budaya Hidup Sehat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD N 106161 Laut Dendang T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1192411042_Cover.pdf] Text
1192411042_Cover.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 1192411042_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1192411042_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (519kB)
[thumbnail of 1192411042_Abstrak.pdf] Text
1192411042_Abstrak.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 1192411042_Kata_Pengantar.pdf] Text
1192411042_Kata_Pengantar.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of 1192411042_Daftar_Isi.pdf] Text
1192411042_Daftar_Isi.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of 1192411042_Daftar_Tabel.pdf] Text
1192411042_Daftar_Tabel.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 1192411042_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1192411042_Daftar_Lampiran.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 1192411042_BAB_I.pdf] Text
1192411042_BAB_I.pdf

Download (451kB)
[thumbnail of 1192411042_BAB_V.pdf] Text
1192411042_BAB_V.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of 1192411042_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1192411042_Daftar_Pustaka.pdf

Download (340kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui validitas media pembelajaran, mengetahui kepraktisan media pembelajaran dan mengetahui efektivitas media pembelajaran yang dikembangkan pada materi budaya hidup sehat. Adapun jenis penelitian merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil validasi oleh ahli materi terhadap media pembelajaran berbasis video diperoleh skor dengan persentase sebesar 94% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh skor dengan persentase 92,2% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil penilaian media oleh guru diperoleh skor dengan persentase 89% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Sedangkan hasil respon siswa diperoleh skor dengan persentase 82% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil implementasi ditemukan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik, dimana rata-rata hasil belajar pada pre test yaitu 53,52 sedangkan rata-rata pada post test yaitu 81,85. Pembelajaran dengan menggunakan media video di kelas III pada materi budaya hidup sehat efektif digunakan. Hal ini terbukti dari rata-rata skor N-Gain persen sebesar 56,55 dengan kategori “Efektif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran Video; Budaya Hidup Sehat; Penelitian dan Pengembangan; Model ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 17 May 2024 02:29
Last Modified: 17 May 2024 02:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56929

Actions (login required)

View Item
View Item