Simarmata, Putri Guru Negoro (2019) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Anatomi Rambut Di SMK Negeri 10 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5141144012 COVER.pdf
Download (306kB)
2. NIM. 5141144012 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. NIM. 5141144012 ABSTRACT.pdf
Download (280kB)
4. NIM. 5141144012 PREFACE.pdf
Download (661kB)
5. NIM. 5141144012 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (917kB)
6. NIM. 5141144012 TABLES.pdf
Download (559kB)
7. NIM. 5141144012 ILLUSTRATION.pdf
Download (278kB)
8. NIM. 5141144012 APPENDICES.pdf
Download (380kB)
9. NIM. 5141144012 CHAPTER I.pdf
Download (2MB)
13. NIM. 5141144012 CHAPTER V.pdf
Download (554kB)
14. NIM. 5141144012 BIBIOGRAPHY.pdf
Download (368kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran Multimedia Interaktif; (2) Hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Buku Teks; (3) Pengaruh penggunaan media pembelajaran Multimedia Interaktif terhadap hasil belajar Anatomi Rambut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas X program keahlian Tata Kecantikan di SMK Negeri 10 Medan tahun ajaran 2018/2019. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X program keahlian Tata Kecantikan SMK Negeri 10 Medan yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 60 orang. Kelas X KC1 sebagai sampel dengan menggunakan media pembelajaran Multimedia Interaktif dan X KC2 sebagai sampel dengan menggunakan media pembelajaran Buku Teks. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes berbentuk pilihan berganda berjumlah 35 soal yang terbagi dalam 3 indikator mewakili C1, C2 dan C3.
Hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran Multimedia Interaktif menunjukkan hasil pengujian bahwa Lhitung = 0,0782 dan Ltabel = 0,161 sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel maka berdistribusi normal. Dengan menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 0.05 untuk menguji hipotesis penelitian di peroleh, thitung = 4,305 dan ttabel = 1,671 sehingga thitung > ttabel dengan selisih 2,634 (4,305 > 1,671) . Berdasarkan hasil analisis uji t terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran Multimedia Interaktif terhadap hasil belajar Anatomi Rambut. Pengaruh yang signifikan terlihat dimana tingkat kecenderungan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran Buku Teks. Artinya dengan penggunaan media pembelajaran Multimedia Interaktif dapat meningkatkan hasil belajar Anatomi Rambut
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Multimedia Interaktif; Anatomi Rambut |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 17 May 2024 01:28 |
Last Modified: | 17 May 2024 01:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56921 |