Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Anatomi Rambut Di SMK Negeri 10 Medan

Simarmata, Putri Guru Negoro (2019) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Anatomi Rambut Di SMK Negeri 10 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5141144012 COVER.pdf] Text
1. NIM. 5141144012 COVER.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of 2. NIM. 5141144012 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 5141144012 APPROVAL SHEET.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. NIM. 5141144012 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 5141144012 ABSTRACT.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of 4. NIM. 5141144012 PREFACE.pdf] Text
4. NIM. 5141144012 PREFACE.pdf

Download (661kB)
[thumbnail of 5. NIM. 5141144012 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM. 5141144012 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (917kB)
[thumbnail of 6. NIM. 5141144012  TABLES.pdf] Text
6. NIM. 5141144012 TABLES.pdf

Download (559kB)
[thumbnail of 7. NIM. 5141144012  ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM. 5141144012 ILLUSTRATION.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 8. NIM. 5141144012 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM. 5141144012 APPENDICES.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of 9. NIM. 5141144012 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM. 5141144012 CHAPTER I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 13. NIM. 5141144012 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 5141144012 CHAPTER V.pdf

Download (554kB)
[thumbnail of 14. NIM. 5141144012 BIBIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM. 5141144012 BIBIOGRAPHY.pdf

Download (368kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran Multimedia Interaktif; (2) Hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Buku Teks; (3) Pengaruh penggunaan media pembelajaran Multimedia Interaktif terhadap hasil belajar Anatomi Rambut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas X program keahlian Tata Kecantikan di SMK Negeri 10 Medan tahun ajaran 2018/2019. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X program keahlian Tata Kecantikan SMK Negeri 10 Medan yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 60 orang. Kelas X KC1 sebagai sampel dengan menggunakan media pembelajaran Multimedia Interaktif dan X KC2 sebagai sampel dengan menggunakan media pembelajaran Buku Teks. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes berbentuk pilihan berganda berjumlah 35 soal yang terbagi dalam 3 indikator mewakili C1, C2 dan C3.
Hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran Multimedia Interaktif menunjukkan hasil pengujian bahwa Lhitung = 0,0782 dan Ltabel = 0,161 sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel maka berdistribusi normal. Dengan menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 0.05 untuk menguji hipotesis penelitian di peroleh, thitung = 4,305 dan ttabel = 1,671 sehingga thitung > ttabel dengan selisih 2,634 (4,305 > 1,671) . Berdasarkan hasil analisis uji t terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran Multimedia Interaktif terhadap hasil belajar Anatomi Rambut. Pengaruh yang signifikan terlihat dimana tingkat kecenderungan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran Buku Teks. Artinya dengan penggunaan media pembelajaran Multimedia Interaktif dapat meningkatkan hasil belajar Anatomi Rambut

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran; Multimedia Interaktif; Anatomi Rambut
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 17 May 2024 01:28
Last Modified: 17 May 2024 01:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56921

Actions (login required)

View Item
View Item