Damayanti, Febri (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF MURDER TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X. Undergraduate thesis, UNIMED.
4191111066_Cover.pdf
Download (34kB)
4191111066_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (153kB)
4191111066_Abstrak.pdf
Download (22kB)
4191111066_Kata_Pengantar.pdf
Download (22kB)
4191111066_Daftar_Isi.pdf
Download (129kB)
4191111066_BAB_I.pdf
Download (393kB)
4191111066_BAB_V.pdf
Download (23kB)
4191111066_Daftar_Pustaka.pdf
Download (127kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan model pembelajaran kolaboratif Murder di kelas X SMA Swasta Eria Medan Tahun ajaran 2023/2024. (2) Proses penyelesaian jawaban siswa, terkait dengan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar dengan di terapkannya model pembelajaran kolaboratif murder di kelas X Sma Swasta Eria Medan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Sma Swasta Eria Medan pada semester ganjil T.A 2023/2024 yang berjumlah 21 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kolaboratif murder pada materi persamaan linier satu variabel. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, Dimana tes kemampuan pemahaman konsep diberikan pada setiap akhir siklus. Dari hasil analisis data menunjukkan: (1) Penerapan model pembelajaran kolaboratif murder dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada siswa kelas X Sma Swasta Eria Medan, hal ini dapat di lihat dari hasil analisis data, dimana nilai rata-rata kelas pada tes awal adalah 50,80 meningkat menjadi 64,95 pada siklus I dan meningkat menjadi 76,58 pada siklus II. Selain itu juga, diperoleh ketuntasan klasikal siswa pada tes awal sebanyak 4 siswa (19,05%), meningkat menjadi 5 siswa (23,81%) pada siklus I dan mengalami peningkatan menjadi 18 siswa (85,71%) pada siklus II. (2) Proses penyelesaian jawaban siswa dengan menerapkan model pembelajaran kolaboratif murder mengalami peningkatan dan menunjukkan proses jawaban siswa yang lebih baik pada setiap indikator kemampuan pemahaman konsep. Oleh karena itu, diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran kolaboratif murder sebagai salah satu alternatif pembelajaran dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Dam p |
Keywords: | Pemahaman konsep matematis; Kolaboratif Murder; Persamaan linear satu variabel; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 May 2024 10:02 |
Last Modified: | 09 Jun 2024 13:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56918 |