Amelia, Desy (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V SDN 104204 Sambirejo Timur. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193111006_Cover.pdf
Download (6MB)
1193111006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (6MB)
1193111006_Abstrak.pdf
Download (6MB)
1193111006_Kata_Pengantar.pdf
Download (321kB)
1193111006_Daftar_Isi.pdf
Download (6MB)
1193111006_Daftar_Gambar.pdf
Download (6MB)
1193111006_Daftar_Tabel.pdf
Download (6MB)
1193111006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (6MB)
1193111006_BAB_I.pdf
Download (6MB)
1193111006_BAB_V.pdf
Download (6MB)
1193111006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD). Jenis Penelitian yang digunakan ialah penelitian Quasy Experiment Design, dilakukan pada kelas V SDN 104204 Sambirejo Timur T.A 2022/2023. Berdasarkan pada penelitian yang telah dilakukan pada kelas V SDN 104204 Sambirejo Timur, menunjukkan adanya perbedaan pada hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD). Dapat dilihat pada rata-rata nilai hasil belajar pada kelas eksperimen 1 (TGT) memperoleh rata-rata nilai sebesar 81,25, sedangkan pada kelas eksperimen 2 (STAD) memperoleh rata-rata nilai sebesar 79. Pada taraf signifikansi yang dihasilkan pada uji-t menunjukkan hasil sebesar 0,00 < daripada 0,05. Dengan demikian diperoleh hasil yaitu hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Teams Games Tournament (TGT);Student Team Achievement Division (STAD) dan Hasil Belajar Sis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 16 May 2024 09:20 |
Last Modified: | 16 May 2024 09:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56914 |