Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V SDN 104204 Sambirejo Timur

Amelia, Desy (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V SDN 104204 Sambirejo Timur. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193111006_Cover.pdf] Text
1193111006_Cover.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 1193111006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193111006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 1193111006_Abstrak.pdf] Text
1193111006_Abstrak.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 1193111006_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193111006_Kata_Pengantar.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of 1193111006_Daftar_Isi.pdf] Text
1193111006_Daftar_Isi.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 1193111006_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193111006_Daftar_Gambar.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 1193111006_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193111006_Daftar_Tabel.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 1193111006_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193111006_Daftar_Lampiran.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 1193111006_BAB_I.pdf] Text
1193111006_BAB_I.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 1193111006_BAB_V.pdf] Text
1193111006_BAB_V.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 1193111006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193111006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD). Jenis Penelitian yang digunakan ialah penelitian Quasy Experiment Design, dilakukan pada kelas V SDN 104204 Sambirejo Timur T.A 2022/2023. Berdasarkan pada penelitian yang telah dilakukan pada kelas V SDN 104204 Sambirejo Timur, menunjukkan adanya perbedaan pada hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD). Dapat dilihat pada rata-rata nilai hasil belajar pada kelas eksperimen 1 (TGT) memperoleh rata-rata nilai sebesar 81,25, sedangkan pada kelas eksperimen 2 (STAD) memperoleh rata-rata nilai sebesar 79. Pada taraf signifikansi yang dihasilkan pada uji-t menunjukkan hasil sebesar 0,00 < daripada 0,05. Dengan demikian diperoleh hasil yaitu hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Teams Games Tournament (TGT);Student Team Achievement Division (STAD) dan Hasil Belajar Sis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 16 May 2024 09:20
Last Modified: 16 May 2024 09:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56914

Actions (login required)

View Item
View Item