Amelia, Desy (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V SDN 104204 Sambirejo Timur. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
![[thumbnail of 1193111006_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193111006_Cover.pdf
Download (6MB)
![[thumbnail of 1193111006_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193111006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (6MB)
![[thumbnail of 1193111006_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193111006_Abstrak.pdf
Download (6MB)
![[thumbnail of 1193111006_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193111006_Kata_Pengantar.pdf
Download (321kB)
![[thumbnail of 1193111006_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193111006_Daftar_Isi.pdf
Download (6MB)
![[thumbnail of 1193111006_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193111006_Daftar_Gambar.pdf
Download (6MB)
![[thumbnail of 1193111006_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193111006_Daftar_Tabel.pdf
Download (6MB)
![[thumbnail of 1193111006_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193111006_Daftar_Lampiran.pdf
Download (6MB)
![[thumbnail of 1193111006_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193111006_BAB_I.pdf
Download (6MB)
![[thumbnail of 1193111006_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193111006_BAB_V.pdf
Download (6MB)
![[thumbnail of 1193111006_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1193111006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD). Jenis Penelitian yang digunakan ialah penelitian Quasy Experiment Design, dilakukan pada kelas V SDN 104204 Sambirejo Timur T.A 2022/2023. Berdasarkan pada penelitian yang telah dilakukan pada kelas V SDN 104204 Sambirejo Timur, menunjukkan adanya perbedaan pada hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD). Dapat dilihat pada rata-rata nilai hasil belajar pada kelas eksperimen 1 (TGT) memperoleh rata-rata nilai sebesar 81,25, sedangkan pada kelas eksperimen 2 (STAD) memperoleh rata-rata nilai sebesar 79. Pada taraf signifikansi yang dihasilkan pada uji-t menunjukkan hasil sebesar 0,00 < daripada 0,05. Dengan demikian diperoleh hasil yaitu hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Teams Games Tournament (TGT);Student Team Achievement Division (STAD) dan Hasil Belajar Sis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 16 May 2024 09:20 |
Last Modified: | 16 May 2024 09:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56914 |