Auzi, Cahaya (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Time Token Pada Tema 5 Subtema 4 Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN 106798 Hamparan Perak Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193111020_Cover.pdf
Download (7MB)
1193111020_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (665kB)
1193111020_Abstrak.pdf
Download (444kB)
1193111020_Kata_Pengantar.pdf
Download (446kB)
1193111020_Daftar_Isi.pdf
Download (285kB)
1193111020_Daftar_Gambar.pdf
Download (241kB)
1193111020_Daftar_Tabel.pdf
Download (246kB)
1193111020_Daftar_Lampiran.pdf
Download (244kB)
1193111020_BAB_I.pdf
Download (544kB)
1193111020_BAB_V.pdf
Download (238kB)
1193111020_Daftar_Pustaka.pdf
Download (249kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas II SD Negeri 106798 Hamparan Perak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative tipe Time Token terhadap hasil belajar siswa pada tema 5 subtema 4 kelas II SD Negeri 106798 Hamparan Perak Tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan true experimental dengan desain Pretest-Postest Control Group Design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas II SD Negeri 106798, dan II A 24 siswa menjadi kelas Kontrol serta II B 21 siswa menjadi kelas Eksperimen dengan jumlah keseluruhan 45 siswa. teknik pengumpulan data yang digunakan ialah tes berbentuk pilhan berganda, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistik uji t-Test (Uji-t) dengan menggunakan IBM SPSS Statistics 29. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran cooperative tipe time token lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Secara statistik, hasil posttest siswa pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata 81,43 dan pada kelas kontrol memperoleh rata-rata 72,92. Dengan demikian, perbandingan perolehan nilai rata-rata siswa terlihat berbeda yaitu 81,43 > 72,92. Selanjutnya, dilihat dari hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa perolehan nilai > = 2,934 > 2,017 dengan df=43 pada taraf sign. (2-tailed) =0,025 (2,5%) dinyatakan signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran cooperative tipe time token untuk hasil belajar siswa pada kelas II SDN 106798 Hamparan Perak secara signifikan dengan kepercayaan 97,5
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran cooperative tipe time token; Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 16 May 2024 09:11 |
Last Modified: | 16 May 2024 09:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56911 |