Jasti, Rena Firda (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOKLET DENGAN METODE MNEMONIK PADA MATERI SISTEM GERAK DI SMAN 13 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193141010_Cover.pdf
Download (204kB)
4193141010_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (492kB)
4193141010_Abstrak.pdf
Download (338kB)
4193141010_Kata_Pengantar.pdf
Download (458kB)
4193141010_Daftar_Isi.pdf
Download (224kB)
4193141010_Daftar_Tabel.pdf
Download (194kB)
4193141010_Daftar_Gambar.pdf
Download (191kB)
4193141010_Daftar_Lampiran.pdf
Download (192kB)
4193141010_BAB_I.pdf
Download (505kB)
4193141010_BAB_V.pdf
Download (335kB)
4193141010_Daftar_Pustaka.pdf
Download (498kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-booklet dengan metode mnemonik pada materi sistem gerak. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 13 Medan dengan waktu penelitian dari bulan Februari-Juni 2023. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Prototype e-booklet yang dikembangkan dengan menggunakan canva selanjutnya disatukan dalam bentuk pdf untuk kemudian dibuat ke dalam bentuk e-booklet dengan Heyzine Flipbook Maker. E-booklet kemudian divalidasi oleh masing-masing 2 validator, yaitu validasi ahli materi dan validasi media pembelajaran. E-booklet kemudian diuji cobakan kepada 28 siswa kelas XI MIA 1 SMAN 13 Medan untuk melihat efektivitasnya terhadap hasil belajar kognitif siswa. Selain itu, respon guru dan siswa terhadap e-booklet juga dikumpulkan untuk mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap e-booklet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-booklet yang dikembangkan dinyatakan “Valid” oleh ahli materi maupun ahli media dengan persentase rata-rata berturut-turut adalah 93,3% dan 83,75%. Respon guru dan siswa terhadap e-booklet yang dikembangkan tergolong “Sangat Praktis” dengan persentase rata-rata berturut-turut adalah 98,75% dan 89,62%. Hasil belajar kognitif siswa menunjukkan rata-rata perolehan nilai siswa sebesar 92,14. Dan yang memperoleh nilai ≥75 sebanyak 27 siswa sehingga diperoleh persentase ketuntasan sebesar 96,42% yang tergolong sangat efektif. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran e-booklet efektif digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media pembelajaran, e-booklet, mnemonik, sistem gerak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 16 May 2024 08:55 |
Last Modified: | 16 May 2024 08:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56910 |