PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOKLET DENGAN METODE MNEMONIK PADA MATERI SISTEM GERAK DI SMAN 13 MEDAN

Jasti, Rena Firda (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOKLET DENGAN METODE MNEMONIK PADA MATERI SISTEM GERAK DI SMAN 13 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193141010_Cover.pdf] Text
4193141010_Cover.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 4193141010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193141010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (492kB)
[thumbnail of 4193141010_Abstrak.pdf] Text
4193141010_Abstrak.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of 4193141010_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193141010_Kata_Pengantar.pdf

Download (458kB)
[thumbnail of 4193141010_Daftar_Isi.pdf] Text
4193141010_Daftar_Isi.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 4193141010_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193141010_Daftar_Tabel.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 4193141010_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193141010_Daftar_Gambar.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 4193141010_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193141010_Daftar_Lampiran.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 4193141010_BAB_I.pdf] Text
4193141010_BAB_I.pdf

Download (505kB)
[thumbnail of 4193141010_BAB_V.pdf] Text
4193141010_BAB_V.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of 4193141010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193141010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (498kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-booklet dengan metode mnemonik pada materi sistem gerak. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 13 Medan dengan waktu penelitian dari bulan Februari-Juni 2023. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Prototype e-booklet yang dikembangkan dengan menggunakan canva selanjutnya disatukan dalam bentuk pdf untuk kemudian dibuat ke dalam bentuk e-booklet dengan Heyzine Flipbook Maker. E-booklet kemudian divalidasi oleh masing-masing 2 validator, yaitu validasi ahli materi dan validasi media pembelajaran. E-booklet kemudian diuji cobakan kepada 28 siswa kelas XI MIA 1 SMAN 13 Medan untuk melihat efektivitasnya terhadap hasil belajar kognitif siswa. Selain itu, respon guru dan siswa terhadap e-booklet juga dikumpulkan untuk mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap e-booklet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-booklet yang dikembangkan dinyatakan “Valid” oleh ahli materi maupun ahli media dengan persentase rata-rata berturut-turut adalah 93,3% dan 83,75%. Respon guru dan siswa terhadap e-booklet yang dikembangkan tergolong “Sangat Praktis” dengan persentase rata-rata berturut-turut adalah 98,75% dan 89,62%. Hasil belajar kognitif siswa menunjukkan rata-rata perolehan nilai siswa sebesar 92,14. Dan yang memperoleh nilai ≥75 sebanyak 27 siswa sehingga diperoleh persentase ketuntasan sebesar 96,42% yang tergolong sangat efektif. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran e-booklet efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media pembelajaran, e-booklet, mnemonik, sistem gerak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 16 May 2024 08:55
Last Modified: 16 May 2024 08:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56910

Actions (login required)

View Item
View Item