Fauziah, Anida (2023) Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Certainty of Response Index (CRI) Pada Materi Suhu dan Kalor Tema 6 Kelas 5 SD Swasta Kasih Ibu Patumbak T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193311036_Cover.pdf
Download (5MB)
1193311036_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (900kB)
1193311036_Abstrak.pdf
Download (6MB)
1193311036_Kata_Pengantar.pdf
Download (6MB)
1193311036_Daftar_Isi.pdf
Download (6MB)
1193311036_Daftar_Gambar.pdf
Download (5MB)
1193311036_Daftar_Tabel.pdf
Download (5MB)
1193311036_Daftar_Lampiran.pdf
Download (5MB)
1193311036_BAB_I.pdf
Download (6MB)
1193311036_BAB_V.pdf
Download (6MB)
1193311036_Daftar_Pustaka.pdf
Download (6MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana miskonsepsi serta penyebab miskonsepsi siswa kelas V SD Swasta Kasih Ibu Patumbak pada materi suhu dan kalor tema 6. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu 26 siswa kelas V SD Swasta Kasih Ibu. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes soal pilihan berganda disertai dengan CRI dan wawancara. Tes tertulis bertujuan untuk mendeteksi siswa yang mengalami miskonsepsi dalam pembelajaran IPA materi suhu dan kalor tema 6. Tujuan wawancara adalah untuk mengetahui lebih dalam miskonsepsi yang dialami siswa dan penyebab miskonsepsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada materi suhu dan kalor tema 6 siswa paham konsep 33.92%, tidak paham 31.42% dan miskonsepsi 34.62%. Rata-rata miskonsepsi peserta didik kelas V SD Swasta Kasih Ibu Patumbak pada materi suhu dan kalor tema 6 sebesar 34.62% yang termasuk kedalam kategori sedang, dengan rincian: 35.57% pada indikator suhu dan kalor, 36.91% pada indikator perubahan benda akibat suhu dan kalor, dan 31.40% pada indikator perpindahan kalor. Adapun penyebab miskonsepsi yaitu 1) Berasal dari peserta didik itu sendiri yang meliputi kurangnya minat belajar siswa, pemikiran asosiatif, intuisi yang salah dan reasoning yang salah. 2) Cara mengajar guru yang tidak bervariatif dan kurang melibatkan siswa sehingga siswa merasa bosan dan tidak mendengarkan penjelasan guru
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Miskonsepsi; Certainty of Response Index; Suhu dan Kalor |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 16 May 2024 08:50 |
Last Modified: | 16 May 2024 08:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56909 |