Dalimunthe, Tini Hidayati (2023) Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Mengadakan Variasi Pada Pembelajaran Tematik di SDN 050755 Tangkahan Durian T.A 2022-2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1182111017_COVER.pdf
Download (46kB)
2. NIM. 1182111017_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf
Download (328kB)
3. NIM. 1182111017_ABSTRAK.pdf
Download (281kB)
4. NIM. 1182111017_KATA PENGANTAR.pdf
Download (272kB)
5. NIM. 1182111017_DAFTAR ISI.pdf
Download (143kB)
6. NIM. 1182111017_DAFTAR TABEL.pdf
Download (112kB)
7. NIM. 1182111017_DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (111kB)
8. NIM. 1182111017_DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (113kB)
9. NIM. 1182111017_BAB I.pdf
Download (451kB)
13. NIM. 1182111017_BAB V.pdf
Download (172kB)
14. NIM. 1182111017_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (272kB)
Abstract
Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah ada beberapa keterampilan yang diduga atau dijumpai belum terpenuhi seperti keterampilan gaya mengajar, keterampilan penggunaan media dan bahan ajar karena guru kurang menerapkan
gaya variasi dalam pembelajaran tematik sehingga banyak ditemui siswa yang kurang memiliki motivasi untuk giat belajar di sekolah. Tujuan penelitian untuk menggambarkan kondisi di lapangan tentang kemampuan guru Sekolah Dasar
dalam mengadakan variasi pembelajaran tematik di SDN 050755 Tangkahan Durian T.A 2022-2023. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan pada setiap sampel. Sampel sebanyak 2 orang guru yang terdiri dari guru kelas III dan V di SDN 050755 Tangkahan Durian. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan guru dalam mengadakan variasi pembelajaran, respon siswa dan kendala yang dihadapi saat pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan data observasi kemampuan guru dalam mengadakan variasi pembelajaran di SDN 050755 Tangkahan Durian mendapat skor tertinggi yakni pada indikator
menerapkan prinsip-prinsip penggunaan variasi pembelajaran dan interaksi selama kegiatan pembelajaran dengan skor rata-rata yang diperoleh pada indikator tersebut yakni 3,8 dengan kategori “Sangat Baik”. Rekapitulasi hasil penelitian
kemampuan mengadakan variasi pembelajaran tematik SDN 050755 Tangkahan Durian yang menjadi lokasi penelitian yang mendapat skor terendah yakni pada indikator variasi penggunaan media dan alat peraga dengan skor rata-rata yang diperoleh pada indikator tersebut yakni 3,1 dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil pengamatan (observasi) yang peneliti peroleh pada awal pembelajaran siswa sudah menunjukkan kesiapannya Siswa juga mulai mengajukan dan mendiskusikan berbagai topik pembelajaran, baik dalam kelas maupun kelompok. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa aktivitas siswa di SDN 050755
Tangkahan Durian menunjukkan kondisi sangat baik, didukung dengan observasi, dan catatan lapangan yang diperoleh. Hasil pengamatan yang peneliti peroleh menganai kendala yang dialami guru kelas III dan V dalam mengadakan variasi
pembelajaran yaitu guru mengalami kesulitan untuk mendapatkan media yang lebih bervariasi. Sejauh ini guru hanya enggunakan fasilitas yang ada di kelas seperti spidol, papan tulis, dan suara guru itu sendiri. Selain itu, guru juga
mengalami kendala dilihat dari segi sarana dan prasarana. Oleh karena itu, kemampuan guru dalam mengadakan variasi pembelajaran tematik sebaiknya terus ditingkatkan agar dapat meminimalisir kendala yang ditimbulkan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Variasi Pembelajaran; Respon Siswa; Kendala |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 16 May 2024 08:33 |
Last Modified: | 16 May 2024 08:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56906 |