PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA

Situmorang, Regina Kezia Anggraeni (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193151009_Cover.pdf] Text
4193151009_Cover.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 4193151009_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193151009_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (668kB)
[thumbnail of 4193151009_Abstrak.pdf] Text
4193151009_Abstrak.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 4193151009_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193151009_Kata_Pengantar.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 4193151009_Daftar_Isi.pdf] Text
4193151009_Daftar_Isi.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of 4193151009_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193151009_Daftar_Tabel.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 4193151009_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193151009_Daftar_Gambar.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 4193151009_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193151009_Daftar_Lampiran.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of 4193151009_BAB_I.pdf] Text
4193151009_BAB_I.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 4193151009_BAB_V.pdf] Text
4193151009_BAB_V.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 4193151009_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193151009_Daftar_Pustaka.pdf

Download (165kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswsa kelas VIII SMP pada materi sistem pernapasan manusia. Penelitian menggunakan true experimental dengan desain Pretest and Posttest Control Group Design. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-1 (Kelas Eksperimen) dengan model pembelajaran PBL dan kelas VIII-3 (Kelas Kontrol) tanpa menggunakan model pembelajaran. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Data dianalisis dengan menguji hipotesis menggunakan Independent Sample t-test. Data rata-rata pretest dan posttest hasil belajar pada kelas eksperimen masing masing adalah 36,8 dan 84,4 dan pada kelas kontrol 35,6 dan 73,87. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar siswsa kelas VIII SMP pada materi sistem pernapasan manusia. Data pretest dan posttest menunjukkan peningkatan hasil belajar kognitif berdasarkan N-Gain. Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen yaitu 75% dan kelas kontrol yaitu 59%. Berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia di kelas VIII SMP Swasta Nurcahaya Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Sistem Pernapasan Manusia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 16 May 2024 07:49
Last Modified: 16 May 2024 07:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56893

Actions (login required)

View Item
View Item