Situmorang, Regina Kezia Anggraeni (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193151009_Cover.pdf
Download (59kB)
4193151009_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (668kB)
4193151009_Abstrak.pdf
Download (171kB)
4193151009_Kata_Pengantar.pdf
Download (148kB)
4193151009_Daftar_Isi.pdf
Download (158kB)
4193151009_Daftar_Tabel.pdf
Download (99kB)
4193151009_Daftar_Gambar.pdf
Download (111kB)
4193151009_Daftar_Lampiran.pdf
Download (104kB)
4193151009_BAB_I.pdf
Download (221kB)
4193151009_BAB_V.pdf
Download (62kB)
4193151009_Daftar_Pustaka.pdf
Download (165kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswsa kelas VIII SMP pada materi sistem pernapasan manusia. Penelitian menggunakan true experimental dengan desain Pretest and Posttest Control Group Design. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-1 (Kelas Eksperimen) dengan model pembelajaran PBL dan kelas VIII-3 (Kelas Kontrol) tanpa menggunakan model pembelajaran. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Data dianalisis dengan menguji hipotesis menggunakan Independent Sample t-test. Data rata-rata pretest dan posttest hasil belajar pada kelas eksperimen masing masing adalah 36,8 dan 84,4 dan pada kelas kontrol 35,6 dan 73,87. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar siswsa kelas VIII SMP pada materi sistem pernapasan manusia. Data pretest dan posttest menunjukkan peningkatan hasil belajar kognitif berdasarkan N-Gain. Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen yaitu 75% dan kelas kontrol yaitu 59%. Berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia di kelas VIII SMP Swasta Nurcahaya Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning, Hasil Belajar, Sistem Pernapasan Manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 16 May 2024 07:49 |
Last Modified: | 16 May 2024 07:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56893 |