PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Arisha, Dian (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193111080_Cover.pdf] Text
4193111080_Cover.pdf

Download (27kB)
[thumbnail of 4193111080_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111080_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 4193111080_Abstrak.pdf] Text
4193111080_Abstrak.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 4193111080_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111080_Kata_Pengantar.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 4193111080_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111080_Daftar_Isi.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 4193111080_BAB_I.pdf] Text
4193111080_BAB_I.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 4193111080_BAB_V.pdf] Text
4193111080_BAB_V.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 4193111080_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111080_Daftar_Pustaka.pdf

Download (68kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta menghasilkan produk LKPD berbasis pendekatan STEM yang bersifat valid, praktis, efektif dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan mengacu kepada model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Al Washliyah 31 Medan yang berjumlah 20 peserta didik. Berdasarkan penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) LKPD berbasis pendekatan STEM yang dikembangkan dalam kategori valid dengan rerata penilaian oleh para ahli ditinjau dari construct validity sebesar 4,52 serta rerata penilaian oleh para ahli ditinjau dari content validity sebesar 4,80. (2) LKPD berbasis pendekatan STEM yang dikembangkan telah memenuhi kategori praktis ditinjau dari persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 90,22% dan rata rata penilaian pelaksanaan pembelajaran 4,79 serta persentase angket respon siswa terhadap penggunaan LKPD sebesar 84,2%. (3) LKPD berbasis pendekatan STEM yang dikembangkan memenuhi kategori efektif ditinjau dari persentase ketuntasan klasikal sebesar 85%. (4) Berdasarkan analisis hasil penelitian diperoleh skor nilai N-gain sebesar 0,71, hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan kategori tinggi setelah menggunakan LKPD berbasis pendekatan STEM dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Ari p
Keywords: Berpikir kritis; Lembar kerja peserta didik; Pendekatan STEM; Bahan ajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 16 May 2024 06:37
Last Modified: 16 May 2024 06:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56888

Actions (login required)

View Item
View Item