Zega, Novelina Andriani (2016) PENGEMBANGAN MODUL BIOTEKNOLOGI BERBASIS LITERASI SAINS. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146173017 COVER.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
2. NIM. 8146173017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
3. NIM. 8146173017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
4. NIM. 8146173017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
5. NIM. 8146173017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
6. NIM. 8146173017 TABLE.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
7. NIM. 8146173017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
8. NIM. 8146173017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
9. NIM. 8146173017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
13. NIM. 8146173017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
14. NIM. 8146173017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Modul Bioteknologi Berbasis Literasi Sains sebagai batang tubuh ; (2) Modul Bioteknologi Berbasis Literasi Sains sebagai cara untuk menyelidiki; (3) Modul Bioteknologi Berbasis Literasi Sains sebagai cara berpikir; dan (4) Modul Bioteknologi Berbasis Literasi Sains sebagai Interaksi sains, teknologi dengan masyarakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan produk Borg dan Gall, yang dimodifikasi sesuai kebutuhan. Model ini meliputi enam tahapan, yaitu: (1) Melakukan penelitian pendahuluan; (2) Perencanaan produk; (3) Pengumpulan bahan; (4) Pengembangan produk awal; (5) Validasi produk dan (6) Revisi dan Uji coba. Subjek uji coba terdiri dari tim ahli materi, ahli desain, 3 dosen Prodi biologi, 3 mahasiswa IKIP Gunungsitoli pada uji coba perorangan, 9 mahasiswa IKIP Gunungsitoli pada uji coba kelompok kecil dan 20 mahasiswa IKIP Gunungsitoli pada uji coba kelompok lapangan terbatas. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian pengembangan modul bioteknologi berbasis literasi sains menunjukkan bahwa: (1) Modul Bioteknologi Berbasis Literasi Sains sebagai batang tubuh pada kriteria “sangat baik” (87,5%); (2) Modul Bioteknologi Berbasis Literasi Sains sebagai cara untuk menyelidiki pada kriteria “sangat baik” (92,8%); (3) Modul Bioteknologi Berbasis Literasi Sains sebagai cara berpikir pada kriteria “sangat baik” (96,8%); dan (4) Modul Bioteknologi Berbasis Literasi Sais sebagai Interaksi sains, teknologi dengan masyarakat pada kriteria “sangat baik” (90,6%); (5) Uji coba perorangan berada pada kriteria “sangat baik” (82,1%); Uji coba kelompok kecil berada pada kriteria “sangat baik” (90,2%); Uji coba kelompok lapangan terbatas berada pada kriteria “sangat baik” (94,8%), sehingga saran yang dapat dikemukakan melalui penelitian ini dapat disimpulkan bahwa produk penelitian modul bioteknologi berbasis literasi sains yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar tambahan mahasiswa atau sebagai penunjang pembelajaran dimata kuliah bioteknologi. Mengingat penelitian ini hanya dilakukan sampai uji coba lapangan terbatas, maka untuk mengetahui keefektifannya dengan bahan ajar perlu dilakukan penelitian lebih lanjut..
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 507.807 11 Zeg p |
Keywords: | Modul pembelajaran; Literasi sains; Kurikulum 2013; Bahan ajar; Bioteknologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 Jun 2016 03:08 |
Last Modified: | 10 Jun 2016 03:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5688 |