Heriyani, Putri (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON PADA MATERI KEKONGRUENAN DAN KESEBANGUNAN DI KELAS IX SMP IT AD DURRAH. Undergraduate thesis, UNIMED.
4173111063_Cover.pdf
Download (68kB)
4173111063_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (414kB)
4173111063_Abstrak.pdf
Download (123kB)
4173111063_Kata_Pengantar.pdf
Download (196kB)
4173111063_Daftar_Isi.pdf
Download (123kB)
4173111063_Daftar_Tabel.pdf
Download (94kB)
4173111063_Daftar_Gambar.pdf
Download (95kB)
4173111063_Daftar_Lampiran.pdf
Download (95kB)
4173111063_BAB_I.pdf
Download (424kB)
4173111063_BAB_V.pdf
Download (199kB)
4173111063_Daftar_Pustaka.pdf
Download (255kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis Powtoon dengan mengacu pada model pengembangan Research and Development (R&D) Sugiyono yang bersifat valid, praktis dan efektif serta dapat mengetahui kemampuan representasi matematis siswa setelah menggunakan produk pengembangan media pembelajaran berbasis Powtoon pada materi kekongruenan dan kesebangunan. Dari hasil penelitian diperoleh nilai kevalidan media dan materi yaitu 94,9% dan 94,7% dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan berdasarkan uji coba tahap awal diperoleh 95% dengan kategori sangat praktis dan dilanjutkan uji coba lapangan dengan perolehan 95,4% menurut respon siswa dan 92,5% menurut respon guru dengan kategori sangat praktis. Hasil uji keefektifan berdasarkan hasil tes saat dilakukan uji lapangan memenuhi kriteria efektif karena persentase ketuntasan siswa mencapai 80% yang melebihi batas ketuntasan yaitu 75% dengan kategori sangat efektif. Kemampuan representasi matematis siswa setelah menggunakan produk pengembangan media pembelajaran berbasis Powtoon diperoleh dengan kategori baik sekali berjumlah 13 siswa, kategori baik terdapat 15 siswa, kategori cukup ada 4 siswa, dan kategori kurang terdapat 3 siswa. Sehingga berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini adalah valid, praktis, efektif, serta dapat mengetahui kemampuan representasi siswa serta layak dan dapat digunakan di dalam proses pembelajaran mengajar di sekolah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penelitian Pengembangan, Media Pembelajaran, Powtoon |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 16 May 2024 03:32 |
Last Modified: | 16 May 2024 03:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56878 |