PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON PADA MATERI KEKONGRUENAN DAN KESEBANGUNAN DI KELAS IX SMP IT AD DURRAH

Heriyani, Putri (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON PADA MATERI KEKONGRUENAN DAN KESEBANGUNAN DI KELAS IX SMP IT AD DURRAH. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4173111063_Cover.pdf] Text
4173111063_Cover.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 4173111063_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4173111063_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (414kB)
[thumbnail of 4173111063_Abstrak.pdf] Text
4173111063_Abstrak.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 4173111063_Kata_Pengantar.pdf] Text
4173111063_Kata_Pengantar.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of 4173111063_Daftar_Isi.pdf] Text
4173111063_Daftar_Isi.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 4173111063_Daftar_Tabel.pdf] Text
4173111063_Daftar_Tabel.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 4173111063_Daftar_Gambar.pdf] Text
4173111063_Daftar_Gambar.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 4173111063_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4173111063_Daftar_Lampiran.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 4173111063_BAB_I.pdf] Text
4173111063_BAB_I.pdf

Download (424kB)
[thumbnail of 4173111063_BAB_V.pdf] Text
4173111063_BAB_V.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 4173111063_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4173111063_Daftar_Pustaka.pdf

Download (255kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis Powtoon dengan mengacu pada model pengembangan Research and Development (R&D) Sugiyono yang bersifat valid, praktis dan efektif serta dapat mengetahui kemampuan representasi matematis siswa setelah menggunakan produk pengembangan media pembelajaran berbasis Powtoon pada materi kekongruenan dan kesebangunan. Dari hasil penelitian diperoleh nilai kevalidan media dan materi yaitu 94,9% dan 94,7% dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan berdasarkan uji coba tahap awal diperoleh 95% dengan kategori sangat praktis dan dilanjutkan uji coba lapangan dengan perolehan 95,4% menurut respon siswa dan 92,5% menurut respon guru dengan kategori sangat praktis. Hasil uji keefektifan berdasarkan hasil tes saat dilakukan uji lapangan memenuhi kriteria efektif karena persentase ketuntasan siswa mencapai 80% yang melebihi batas ketuntasan yaitu 75% dengan kategori sangat efektif. Kemampuan representasi matematis siswa setelah menggunakan produk pengembangan media pembelajaran berbasis Powtoon diperoleh dengan kategori baik sekali berjumlah 13 siswa, kategori baik terdapat 15 siswa, kategori cukup ada 4 siswa, dan kategori kurang terdapat 3 siswa. Sehingga berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini adalah valid, praktis, efektif, serta dapat mengetahui kemampuan representasi siswa serta layak dan dapat digunakan di dalam proses pembelajaran mengajar di sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Penelitian Pengembangan, Media Pembelajaran, Powtoon
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 16 May 2024 03:32
Last Modified: 16 May 2024 03:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56878

Actions (login required)

View Item
View Item