Pengaruh Keterampilan Bertanya Guru terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD Swasta PAB 19 Bandar Klippa T.A 2022/2023

Annisa, Nur (2023) Pengaruh Keterampilan Bertanya Guru terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD Swasta PAB 19 Bandar Klippa T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 1182111021 COVER.pdf] Text
1. NIM. 1182111021 COVER.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 2. NIM. 1182111021 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 1182111021 APPROVAL SHEET.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. NIM. 1182111021 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 1182111021 ABSTRACT.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 4. NIM. 1182111021 PREFACE.pdf] Text
4. NIM. 1182111021 PREFACE.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 5. NIM. 1182111021 TABLE OF CONTENTS.pdf] Text
5. NIM. 1182111021 TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 6. NIM. 1182111021 TABLES.pdf] Text
6. NIM. 1182111021 TABLES.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 7. NIM. 1182111021 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM. 1182111021 ILLUSTRATION.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 8. NIM. 1182111021 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM. 1182111021 APPENDICES.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 9. NIM. 1182111021 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM. 1182111021 CHAPTER I.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 13. NIM. 1182111021 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 1182111021 CHAPTER V.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 14. NIM. 1182111021 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM. 1182111021 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa menggunakan keterampilan bertanya guru pola A lebih tinggi dari keterampilan bertanya guru pola B pada kelas VI SD Swasta PAB 19 Bandar Klippa T.A 2022/2023. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian quasi experiment. Desain penelitian yang digunakan adalah non eqiuvalen control group design. Sampel penelitian sebanyak 40 siswa dengan 20 siswa dari kelas VI A menggunakan pola A dan 20 siswa dari kelas VI B menggunakan pola B. Kelas pola A dan kelas pola B menggunakan 4 keterampilan bertanya yang berbeda. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes dan non tes. Nilai rata-rata pretest kelas pola A yaitu 6,2 dan nilai posttest 76,6 sedangkan kelas pola B memiliki nilai pretest 5.15 dan posttest 75.7. Ini menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Dengan demikian penggunaan keterampilan bertanya guru dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan keterampilan bertanya guru berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Hasil uji t independen sampel tes dengan nilai signifikan 2-tailed 0,784 yang menunjukkan signifikansi 2-tailed 0,05. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas Pola A tidak lebih tinggi dari kelas pola B atau kelas pola A dan kelas pola B memiliki hasil belajar matematika yang sama pada kelas VI SD Swasta PAB 19 Bandar Klippa T.A 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Keterampilan Bertanya Guru; Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 16 May 2024 07:36
Last Modified: 16 May 2024 07:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56875

Actions (login required)

View Item
View Item