Bangun, Prihatni Yoshepine (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI ASAM BASA DI SMA NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193131059_Cover.pdf
Download (79kB)
4193131059_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (130kB)
4193131059_Abstrak.pdf
Download (103kB)
4193131059_Kata_Pengantar.pdf
Download (293kB)
4193131059_Daftar_Isi.pdf
Download (188kB)
4193131059_Daftar_Tabel.pdf
Download (146kB)
4193131059_Daftar_Gambar.pdf
Download (111kB)
4193131059_Daftar_Lampiran.pdf
Download (186kB)
4193131059_BAB_I.pdf
Download (288kB)
4193131059_BAB_V.pdf
Download (94kB)
4193131059_Daftar_Pustaka.pdf
Download (206kB)
Abstract
Penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 2 Medan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar dan respon siswa pada materi asam basa. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara pada siswa dan guru, yang melatar belakangi penelitian ini bahwasanya pembelajaran kimia masih menerapkan guru sebagai pusat pembelajaran dan belum melakukan praktikum, salah satunya karena akibat pandemi Covid-19. Diharapkan dengan menggunakan model ini siswa aktif pada saat proses pembelajaran dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian yaitu siswa kelas XI IPA 2 yaitu yang diberi perlakuan dengan model project based learning (kelas eksperimen) dan kelas XI IPA 1 yaitu yang diberi perlakuan dengan model konvensional (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes untuk mengukur hasil belajar siswa dan angket untuk mengukur respon siswa terhadap model pembelajaran yang telah diberikan. Hasil uji normalitas menunjukkan nilai signifikan 7 untuk kelas ekperimen dan kelas kontrol sebesar 7 pada alpha 0,05. Uji homogenitas menunjukkan 1,08 pada alpha 0,05, yang menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan dengan varians homogen. Hasil uji t pihak kanan diperoleh bahwa nilai signifikan sebesar (7,35 > 1,669) yang artinya t hitung > t tabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi asam basa di SMA Negeri 2 Medan, dimana rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model project based learning setelah diberi perlakuan (86,88) secara signifikan lebih tinggi daripada rata- rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional (76,44), dengan respon siswa menunjukkan hasil yang sangat positif yaitu dengan presentase sebesar 88,33%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model project based learning, hasil belajar, reaksi asam basa, respon siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 15 May 2024 09:34 |
Last Modified: | 15 May 2024 09:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56874 |