Ambarita, Pittauli (2023) DIFFERENCES IN STUDENTS’ MATHEMATICAL COMMUNICATION ABILITY USING RME APPROACH AND PROBLEM POSING APPROACH AT SMP NEGERI 1 BANDAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
4192411008_Cover.pdf
Download (313kB)
4192411008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (519kB)
4192411008_Abstrak.pdf
Download (277kB)
4192411008_Kata_Pengantar.pdf
Download (506kB)
4192411008_Daftar_Isi.pdf
Download (325kB)
4192411008_Daftar_Tabel.pdf
Download (395kB)
4192411008_Daftar_Gambar.pdf
Download (397kB)
4192411008_Daftar_Lampiran.pdf
Download (396kB)
4192411008_BAB_I.pdf
Download (788kB)
4192411008_BAB_V.pdf
Download (177kB)
4192411008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (640kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pendekatan RME lebih tinggi dibandingkan pendekatan problem logging di SMP Negeri 1 Bandar. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Bandar. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 2 kelas, yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen I yang berjumlah 29 siswa dan kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen 2 yang berjumlah 29 siswa. Instrumen berupa pretest dan posttest berupa esai yang telah divalidasi. Dari hasil penelitian setelah diberikan perlakuan selama 3 kali pertemuan yaitu pada kelas eksperimen I dengan pendekatan RME diperoleh rata-rata pretest sebesar 20,38, rata-rata posttest sebesar 83,55 dan pada kelas eksperimen II dengan pendekatan problem logging diperoleh rata-rata pretest sebesar 21,86, dan rata-rata posttest sebesar 77,59. Hasil uji-t dengan dk = 56 dan α = 0,05 diperoleh data pretest dengan thitung = – 0.79915 and ttabel = 2.00324 then tabel hitung
tabel ttt namely 2.00324 ,0 2.00324 79915 maka yaitu maka H0 diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sebelum diberikan perlakuan siswa mempunyai kemampuan awal
yang sama. Sedangkan data posttest diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,158 > 2,00324 yang berarti Ha diterima. Kesimpulannya adalah kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pendekatan RME lebih tinggi dibandingkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pendekatan problem posing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan Komunikasi Matematis, Pendekatan RME, Pendekatan Problem Posing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 15 May 2024 09:29 |
Last Modified: | 15 May 2024 09:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56873 |