DIFFERENCES IN STUDENTS’ MATHEMATICAL COMMUNICATION ABILITY USING RME APPROACH AND PROBLEM POSING APPROACH AT SMP NEGERI 1 BANDAR

Ambarita, Pittauli (2023) DIFFERENCES IN STUDENTS’ MATHEMATICAL COMMUNICATION ABILITY USING RME APPROACH AND PROBLEM POSING APPROACH AT SMP NEGERI 1 BANDAR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4192411008_Cover.pdf] Text
4192411008_Cover.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of 4192411008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4192411008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (519kB)
[thumbnail of 4192411008_Abstrak.pdf] Text
4192411008_Abstrak.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of 4192411008_Kata_Pengantar.pdf] Text
4192411008_Kata_Pengantar.pdf

Download (506kB)
[thumbnail of 4192411008_Daftar_Isi.pdf] Text
4192411008_Daftar_Isi.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of 4192411008_Daftar_Tabel.pdf] Text
4192411008_Daftar_Tabel.pdf

Download (395kB)
[thumbnail of 4192411008_Daftar_Gambar.pdf] Text
4192411008_Daftar_Gambar.pdf

Download (397kB)
[thumbnail of 4192411008_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4192411008_Daftar_Lampiran.pdf

Download (396kB)
[thumbnail of 4192411008_BAB_I.pdf] Text
4192411008_BAB_I.pdf

Download (788kB)
[thumbnail of 4192411008_BAB_II.pdf] Text
4192411008_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 4192411008_BAB_III.pdf] Text
4192411008_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 4192411008_BAB_IV.pdf] Text
4192411008_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 4192411008_BAB_V.pdf] Text
4192411008_BAB_V.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 4192411008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4192411008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (640kB)
[thumbnail of 4192411008_Lampiran.pdf] Text
4192411008_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pendekatan RME lebih tinggi dibandingkan pendekatan problem logging di SMP Negeri 1 Bandar. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Bandar. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 2 kelas, yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen I yang berjumlah 29 siswa dan kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen 2 yang berjumlah 29 siswa. Instrumen berupa pretest dan posttest berupa esai yang telah divalidasi. Dari hasil penelitian setelah diberikan perlakuan selama 3 kali pertemuan yaitu pada kelas eksperimen I dengan pendekatan RME diperoleh rata-rata pretest sebesar 20,38, rata-rata posttest sebesar 83,55 dan pada kelas eksperimen II dengan pendekatan problem logging diperoleh rata-rata pretest sebesar 21,86, dan rata-rata posttest sebesar 77,59. Hasil uji-t dengan dk = 56 dan α = 0,05 diperoleh data pretest dengan thitung = – 0.79915 and ttabel = 2.00324 then tabel hitung tabel ttt  namely 2.00324 ,0 2.00324 79915 maka yaitu maka H0 diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sebelum diberikan perlakuan siswa mempunyai kemampuan awal yang sama. Sedangkan data posttest diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,158 > 2,00324 yang berarti Ha diterima. Kesimpulannya adalah kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pendekatan RME lebih tinggi dibandingkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pendekatan problem posing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Pendekatan RME, Pendekatan Problem Posing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 15 May 2024 09:29
Last Modified: 24 Oct 2025 02:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56873

Actions (login required)

View Item
View Item