DIFFERENCES IN STUDENTS’ MATHEMATICAL COMMUNICATION ABILITY USING RME APPROACH AND PROBLEM POSING APPROACH AT SMP NEGERI 1 BANDAR

Ambarita, Pittauli (2023) DIFFERENCES IN STUDENTS’ MATHEMATICAL COMMUNICATION ABILITY USING RME APPROACH AND PROBLEM POSING APPROACH AT SMP NEGERI 1 BANDAR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4192411008_Cover.pdf] Text
4192411008_Cover.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of 4192411008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4192411008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (519kB)
[thumbnail of 4192411008_Abstrak.pdf] Text
4192411008_Abstrak.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of 4192411008_Kata_Pengantar.pdf] Text
4192411008_Kata_Pengantar.pdf

Download (506kB)
[thumbnail of 4192411008_Daftar_Isi.pdf] Text
4192411008_Daftar_Isi.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of 4192411008_Daftar_Tabel.pdf] Text
4192411008_Daftar_Tabel.pdf

Download (395kB)
[thumbnail of 4192411008_Daftar_Gambar.pdf] Text
4192411008_Daftar_Gambar.pdf

Download (397kB)
[thumbnail of 4192411008_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4192411008_Daftar_Lampiran.pdf

Download (396kB)
[thumbnail of 4192411008_BAB_I.pdf] Text
4192411008_BAB_I.pdf

Download (788kB)
[thumbnail of 4192411008_BAB_V.pdf] Text
4192411008_BAB_V.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 4192411008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4192411008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (640kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pendekatan RME lebih tinggi dibandingkan pendekatan problem logging di SMP Negeri 1 Bandar. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Bandar. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 2 kelas, yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen I yang berjumlah 29 siswa dan kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen 2 yang berjumlah 29 siswa. Instrumen berupa pretest dan posttest berupa esai yang telah divalidasi. Dari hasil penelitian setelah diberikan perlakuan selama 3 kali pertemuan yaitu pada kelas eksperimen I dengan pendekatan RME diperoleh rata-rata pretest sebesar 20,38, rata-rata posttest sebesar 83,55 dan pada kelas eksperimen II dengan pendekatan problem logging diperoleh rata-rata pretest sebesar 21,86, dan rata-rata posttest sebesar 77,59. Hasil uji-t dengan dk = 56 dan α = 0,05 diperoleh data pretest dengan thitung = – 0.79915 and ttabel = 2.00324 then tabel hitung
tabel ttt  namely 2.00324 ,0 2.00324 79915 maka yaitu maka H0 diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sebelum diberikan perlakuan siswa mempunyai kemampuan awal
yang sama. Sedangkan data posttest diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,158 > 2,00324 yang berarti Ha diterima. Kesimpulannya adalah kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pendekatan RME lebih tinggi dibandingkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pendekatan problem posing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Pendekatan RME, Pendekatan Problem Posing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 15 May 2024 09:29
Last Modified: 15 May 2024 09:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56873

Actions (login required)

View Item
View Item