Sari, Desi Ratna (2023) Pengembangan Video Pembelajaran Sejarah Berbasis Aplikasi Powtoon pada Materi Masuk Dan Berkembangnya Agama Islam Di Indonesia untuk Kelas X M.A Swasta Al – Washliyah Marbau. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
3193321017_Cover.pdf
Download (217kB)
3193321017_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (354kB)
3193321017_Abstrak.pdf
Download (406kB)
3193321017_Kata_Pengantar.pdf
Download (349kB)
3193321017_Daftar_Isi.pdf
Download (265kB)
3193321017_Daftar_Tabel.pdf
Download (340kB)
3193321017_Daftar_Gambar.pdf
Download (211kB)
3193321017_Daftar_Lampiran.pdf
Download (234kB)
3193321017_BAB_I.pdf
Download (678kB)
3193321017_BAB_V.pdf
Download (3MB)
3193321017_Daftar_Pustaka.pdf
Download (468kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui tingkat kelayakan video pembelajaran berbasis aplikasi Powtoon di M.A Swasta Al-Washliyah Marbau; 2) mengetahui tingkat keefektivan video pembelajaran berbasis aplikasi Powtoon di M.A Swasta Al-Washliyah Marbau. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D dikemukakan oleh Borg and Gall kemudian dimodifikasi oleh Sugiyono terdiri dari sepuluh tahap pengembangan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X M.A Swasta Al-Washliyah Marbau yang terdiri dari 2 uji coba yaitu uji coba kelompok kecil berjumlah 10 orang siswa, uji coba pemakaian berjumlah 30 orang siswa. Dengan teknik dan pengumpulan data observasi, wawancara, dan angket. Hasil data angket dari ahli media, ahli materi serta uji coba lapangan yang dilakukan dengan peserta didik kelas X. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada penilaian hasil validasi ahli materi dengan presentase 92,85%, validasi ahli media mendapatkan skor presentasi 96,25% pada kategori “Sangat layak”. Selanjutnya dilakukan tahap uji coba lapangan, uji coba kelompok kecil mendapatkan skor persentase 87,5%, uji coba pemakaian mendapatkan skor persentase 89,38%. Keberhasilan hasil belajar jika tercapai >72% peserta didik yang mencapai KKM (70), untuk memperoleh hal tersebut dilakukannya uji keefektivan melalui pre-test dan post-test. Dengan nilai pre-test diperoleh sebesar 65% sedangkan post-test diperoleh nilai 84%. Maka disimpulkan bahwa video pembelajaran berbasis aplikasi Powtoon pada materi masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia untuk kelas X M.A Swasta Al-Washliyah Marbau “Sangat Layak” untuk digunakan dalam proses pembelajaran sejarah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan, media pembelajaran sejarah, Powtoon. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LA History of education > LA5 General L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 15 May 2024 08:05 |
Last Modified: | 15 May 2024 08:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56849 |