Jannah, Miftahul (2023) INCREASED UNDERSTANDING OF MATHEMATICAL CONCEPTS AND MOTIVATION WITH A PROBLEM POSING APPROACH ON CLASS VIII MTS NEGERI 2 RANTAUPRAPAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193311004_Cover.pdf
Download (236kB)
4193311004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (666kB)
4193311004_Abstrak.pdf
Download (343kB)
4193311004_Kata_Pengantar.pdf
Download (663kB)
4193311004_Daftar_Isi.pdf
Download (290kB)
4193311004_Daftar_Tabel.pdf
Download (330kB)
4193311004_Daftar_Gambar.pdf
Download (328kB)
4193311004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (330kB)
4193311004_BAB_I.pdf
Download (858kB)
4193311004_BAB_V.pdf
Download (235kB)
4193311004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (238kB)
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa terutama aktif dalam kegiatan pembelajaran dan rendahnya tingkat pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika dan motivasi siswa dengan menggunakan pendekatan problem posing. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-A MTs Negeri 2 Rantauprapat yang berjumlah 32 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus dimana setiap siklus terdiri dari tahapan permasalahan, perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis data, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan problem pose dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika dan motivasi siswa kelas VIII-A MTs Negeri 2 Rantauprapat. Peningkatan tersebut ditunjukkan oleh kualitas proses pembelajaran yang tercermin dari keaktifan siswa, perhatian dan peningkatan dalam menulis, minat siswa selama pembelajaran, dan keberanian siswa untuk mempresentasikan hasil tulisannya di depan kelas. Rata-rata motivasi prasiklus (55,98%), siklus I (67,78%), siklus II (75,48%), siklus III (86,30%), dan rata-rata pemahaman konsep matematika prasiklus (24,58%), siklus I (41,67%), siklus II (69,01%), siklus III (90,89%). Karena telah mencapai kriteria ketuntasan motivasi yaitu rata-rata motivasi siswa mencapai ≥ 75% dan kriteria ketuntasan pemahaman konsep matematika yaitu 85% siswa memperoleh nilai ≥ KKM (75), maka penelitian dikatakan berhasil
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Motivasi, Pemahaman Konsep Matematika, Problem Posing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 15 May 2024 06:09 |
Last Modified: | 15 May 2024 06:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56838 |