INCREASED UNDERSTANDING OF MATHEMATICAL CONCEPTS AND MOTIVATION WITH A PROBLEM POSING APPROACH ON CLASS VIII MTS NEGERI 2 RANTAUPRAPAT

Jannah, Miftahul (2023) INCREASED UNDERSTANDING OF MATHEMATICAL CONCEPTS AND MOTIVATION WITH A PROBLEM POSING APPROACH ON CLASS VIII MTS NEGERI 2 RANTAUPRAPAT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193311004_Cover.pdf] Text
4193311004_Cover.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 4193311004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193311004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (666kB)
[thumbnail of 4193311004_Abstrak.pdf] Text
4193311004_Abstrak.pdf

Download (343kB)
[thumbnail of 4193311004_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193311004_Kata_Pengantar.pdf

Download (663kB)
[thumbnail of 4193311004_Daftar_Isi.pdf] Text
4193311004_Daftar_Isi.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of 4193311004_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193311004_Daftar_Tabel.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of 4193311004_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193311004_Daftar_Gambar.pdf

Download (328kB)
[thumbnail of 4193311004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193311004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of 4193311004_BAB_I.pdf] Text
4193311004_BAB_I.pdf

Download (858kB)
[thumbnail of 4193311004_BAB_V.pdf] Text
4193311004_BAB_V.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 4193311004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193311004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (238kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa terutama aktif dalam kegiatan pembelajaran dan rendahnya tingkat pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika dan motivasi siswa dengan menggunakan pendekatan problem posing. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-A MTs Negeri 2 Rantauprapat yang berjumlah 32 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus dimana setiap siklus terdiri dari tahapan permasalahan, perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis data, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan problem pose dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika dan motivasi siswa kelas VIII-A MTs Negeri 2 Rantauprapat. Peningkatan tersebut ditunjukkan oleh kualitas proses pembelajaran yang tercermin dari keaktifan siswa, perhatian dan peningkatan dalam menulis, minat siswa selama pembelajaran, dan keberanian siswa untuk mempresentasikan hasil tulisannya di depan kelas. Rata-rata motivasi prasiklus (55,98%), siklus I (67,78%), siklus II (75,48%), siklus III (86,30%), dan rata-rata pemahaman konsep matematika prasiklus (24,58%), siklus I (41,67%), siklus II (69,01%), siklus III (90,89%). Karena telah mencapai kriteria ketuntasan motivasi yaitu rata-rata motivasi siswa mencapai ≥ 75% dan kriteria ketuntasan pemahaman konsep matematika yaitu 85% siswa memperoleh nilai ≥ KKM (75), maka penelitian dikatakan berhasil

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Motivasi, Pemahaman Konsep Matematika, Problem Posing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 15 May 2024 06:09
Last Modified: 15 May 2024 06:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56838

Actions (login required)

View Item
View Item