Nasution, Shela Yusuf (2023) Pengembangan Media Pembelajaran EKomik MANULIN (Manusia dan Lingkungan) Pada Pembelajaran Tematik di Kelas V SD Negeri 101768 Tembung Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183311003_COVER.pdf
Download (46kB)
2. NIM. 1183311003_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf
Download (242kB)
3. NIM. 1183311003_ABSTRAK.pdf
Download (202kB)
4. NIM. 1183311003_KATA PENGANTAR.pdf
Download (182kB)
5. NIM. 1183311003_DAFTAR ISI.pdf
Download (69kB)
6. NIM. 1183311003_DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (113kB)
7. NIM. 1183311003_DAFTAR TABEL.pdf
Download (116kB)
8. NIM. 1183311003_DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (115kB)
9. NIM. 1183311003_BAB I.pdf
Download (344kB)
13. NIM. 1183311003_BAB V.pdf
Download (132kB)
14. NIM. 1183311003_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (172kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan, kepraktisan serta keefektifan media pembelajaran E-Komik MANULIN (Manusia dan Lingkungan) pada tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema 2 Manusia dan Lingkungan pembelajaran 5 di kelas V SD Negeri 101768 Tembung.
Jenis Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahapan (Define, Design, Development, and Disseminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan, dkk. Pada setiap tahap memiliki langkah-langkah yang berbeda yang
disesuaikan dengan kebutuhan peneliti dalam melakukan pengembangan media pembelajaran E-Komik MANULIN (Manusia dan Lingkungan). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa E-Komik MANULIN (Manusia dan Lingkungan) pada tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 5 di kelas V SD yang dikembangkan telah divalidasi oleh validator ahli media memperoleh hasil persentase kelayakan sebesar 87% termasuk dalam kriteria “sangat layak”. Serta menurut validator ahli materi pada
tahap I hasil persentase kelayakan sebesar 75% termasuk dalam kriteria “layak” dan pada tahap II memperoleh hasil persentase kelayakan sebesar 95% termasuk dalam kriteria “sangat layak”. Serta menurut praktisi pendidikan memperoleh
hasil persentase kepraktisan sebesar 93% termasuk kriteria “sangat praktis”. Hasil pada tahap uji coba lapangan kriteria keefektifan tercapai dengan jumlah siswa 25 orang pada post-test atau sekitar 83,2%. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran E-Komik MANULIN (Manusia dan Lingkungan) pada pembelajaran tematik di kelas V SD Negeri 101768 Tembung layak digunakan oleh siswa dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaranp; E-Komik; Penelitian Pengembangan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 15 May 2024 05:00 |
Last Modified: | 15 May 2024 05:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56829 |