PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA ANTARA MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS X SMAS TAMANSISWA SINGOSARI

Dinata, Angga (2023) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA ANTARA MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS X SMAS TAMANSISWA SINGOSARI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193111082_Cover.pdf] Text
4193111082_Cover.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 4193111082_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111082_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 4193111082_Abstrak.pdf] Text
4193111082_Abstrak.pdf

Download (381kB)
[thumbnail of 4193111082_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111082_Kata_Pengantar.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 4193111082_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111082_Daftar_Isi.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of 4193111082_BAB_I.pdf] Text
4193111082_BAB_I.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of 4193111082_BAB_V.pdf] Text
4193111082_BAB_V.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of 4193111082_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111082_Daftar_Pustaka.pdf

Download (305kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan menggunakan model problem based learning (PBL) berbantuan aplikasi Geogebra dan yang diajarkan dengan model discovery learning di kelas X SMAS Tamansiswa Singosari berdasarkan hasil tes kemampuan representasi matematis selain itu juga bertujuan untuk mengetahui proses jawaban siswa pada kelas problem based learning berbantuan aplikasi Geogebra dan kelas discovery learning berdasarkan indikator kemampuan representasi matematis serta bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan menggunakan model problem based learning (PBL) berbantuan aplikasi Geogebra dengan peningkatan kemampuan representasi matematis yang diajarkan menggunakan model discovery learning di kelas X SMAS Tamansiswa Singosari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimental atau eksperimen semu dengan teknik purposive sampling serta menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini terdiri atas 18 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol. kelas eksperimen adala kelas yang diberikan model pembelajaran problem based learning (pbl) berbantuan aplikasi geogebra sebaliknya kelas kontrol diberikan model discovery learning. Data yang dikumpulkan merupakan data hasil tes kemampuan representasi matematis siswa dengan hasil penelitian diantaranya yakni; Berdasarkan hasil nilai N-Gain kelas eksperimen memiliki rata-rata peningkatan sebesar 0,42 dengan kategori sedang. Sedangkan Kelas kontrol memiliki rata-rata peningkatan sebesar 0,35 dengan kategori sedang; Berdasarkan proses jawaban siswa dapat diketahui bahwa secara umum proses jawaban kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol; Berdasarkan hasil perhitungan dapat diketahui bahwa seluruh data berdistribusi normal dan homogen sehingga pengujian menggunakan uji-t. Sehingga diketahui bahwa yakni . Disimpulkan bahwa menolak dan menerima yang berarti terdapat perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa kelas X SMAS Tamansiswa Singosari antara siswa yang diajarkan menggunakan model PBL berbantuan aplikasi Geogebra dengan model discovery learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Din p
Keywords: Problem based learning; Geogebra; Discovery learning; Representasi matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 15 May 2024 04:45
Last Modified: 15 May 2024 04:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56827

Actions (login required)

View Item
View Item