Adelia, Riska (2023) Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan dengan Media Interaktif Berbasis Android di Kelas IV SD Negeri 106209 Sukaramai T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183111003_COVER.pdf
Download (53kB)
2. NIM. 1183111003_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf
Download (337kB)
3. NIM. 1183111003_ABSTRAK.pdf
Download (147kB)
4. NIM. 1183111003_KATA PENGANTAR.pdf
Download (333kB)
5. NIM. 1183111003_DAFTAR ISI.pdf
Download (145kB)
6. NIM. 1183111003_DAFTAR TABEL.pdf
Download (37kB)
7. NIM. 1183111003_DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (221kB)
8. NIM. 1183111003_DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (112kB)
9. NIM. 1183111003_BAB I.pdf
Download (507kB)
13. NIM. 1183111003_BAB V.pdf
Download (174kB)
14. NIM. 1183111003_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (218kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman dan rendahnya hasil belajar matematika siswa khususnya pada materi pecahan. Tujuan penelitian iniyaitu untuk mengetahui upaya meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan dengan Media Interaktif Berbasis Android di Kelas IV SD Negeri 106209 Sukaramai T.A 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 106209 Sukaramai. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 23 orang. Objek dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan dengan media interaktif berbasis android. Tes yang digunakan adalah soal pilihan berganda dengan jumlah 10 soal dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Berdasarkan analisis hasil penelitian, pelaksanaan pembelajaran diperoleh hasil observasi aktivitas guru dan siswa sudah berkategorikan baik, dimana nilai pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru 79,6% dan nilai pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa 82. Selain itu, hasil belajar siswa sudah dikatakan tuntas secara individu maupun klasikal dengan presentase 86,9% dan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 60 dan pada siklus II sebesar 90 dengan peningkatan sebesar 11%. Dengan demikian upaya meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan di kelas IV SD Negeri 106209 Sukaramai dapat dikatakan berhasil meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pemahaman Siswa; Media Interaktif berbasis Android; Pecahan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 15 May 2024 04:46 |
Last Modified: | 15 May 2024 04:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56826 |