Putri, Amanda Azizsyah (2023) PENGEMBANGAN ELEKTRONIK BOOK MENGGUNAKAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 MEDAN TA.2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193311076_Cover.pdf
Download (198kB)
4193311076_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (74kB)
4193311076_Abstrak.pdf
Download (265kB)
4193311076_Kata_Pengantar.pdf
Download (307kB)
4193311076_Daftar_Isi.pdf
Download (498kB)
4193311076_BAB_I.pdf
Download (498kB)
4193311076_BAB_V.pdf
Download (263kB)
4193311076_Daftar_Pustaka.pdf
Download (425kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk elektronik book menggunakan media canva untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan atau R&D (Research & development). Subyek penelitian ini sebanyak 27 orang peserta didik kelas X reg 2 SMA Muhammadiyah 2 Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa elektronik book yang dikembangkan adalah: (1).Valid dengan indikator penilaian aspek kelayakan bahasa 95,4% dengan kategori sangat valid, Media 96% dengan kategori sangat valid, materi 96,28% dengan kategori sangat valid, materi 96,28% dengan kategori sangat valid , prestest dan posttest 95,2% dengan kategori sangat valid, angket respon guru 94,81% dengan kategori valid, angket respon siswa 95,5% dengan kategori sangat valid, dan modul merdeka 85,8 dengan kategori sangat valid. (2). Kepraktisan pada elektronik book yang dikembangkan mendapatkan nilai presentasi sebesar 84% dengan kategori “sangat layak”. (3). Elektronik book yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif. Dengan perolehan presentase 93%, elektronik book yang dikembangkan tergolong efektif. Dengan meningkatnya kemampuan penalaran pada tiap indikator penalaran mateamtis siswa yang mencakup 5 indikator, pada indikator pertama siswa meningkat sebesar 35% ( dari 61% menjadi 96%) , indikator kedua meningkat 49% ( dari 47% menjadi 96%), indikator ketiga meningkat 45% (dari 44% menjadi 89%), indikator ke empat meningkat 32% (dari 43% menjadi 75%) , indikator ke lima meningkat 37% (dari 32% menjadi 69%). Sehingga kemampuan penalaran matematis siswa meningkat dari uji coba pretest dan uji coba posttest.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Put p |
Keywords: | Elektronik book; Penalaran matematis; Barisan; Deret; Aritmatika; Geometri; Canva; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 15 May 2024 04:32 |
Last Modified: | 15 May 2024 04:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56824 |