PENGEMBANGAN ELEKTRONIK BOOK MENGGUNAKAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 MEDAN TA.2023/2024

Putri, Amanda Azizsyah (2023) PENGEMBANGAN ELEKTRONIK BOOK MENGGUNAKAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 MEDAN TA.2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193311076_Cover.pdf] Text
4193311076_Cover.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 4193311076_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193311076_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 4193311076_Abstrak.pdf] Text
4193311076_Abstrak.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 4193311076_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193311076_Kata_Pengantar.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of 4193311076_Daftar_Isi.pdf] Text
4193311076_Daftar_Isi.pdf

Download (498kB)
[thumbnail of 4193311076_BAB_I.pdf] Text
4193311076_BAB_I.pdf

Download (498kB)
[thumbnail of 4193311076_BAB_II.pdf] Text
4193311076_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 4193311076_BAB_III.pdf] Text
4193311076_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 4193311076_BAB_IV.pdf] Text
4193311076_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 4193311076_BAB_V.pdf] Text
4193311076_BAB_V.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of 4193311076_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193311076_Daftar_Pustaka.pdf

Download (425kB)
[thumbnail of 4193311076_Lampiran.pdf] Text
4193311076_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk elektronik book menggunakan media canva untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan atau R&D (Research & development). Subyek penelitian ini sebanyak 27 orang peserta didik kelas X reg 2 SMA Muhammadiyah 2 Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa elektronik book yang dikembangkan adalah: (1).Valid dengan indikator penilaian aspek kelayakan bahasa 95,4% dengan kategori sangat valid, Media 96% dengan kategori sangat valid, materi 96,28% dengan kategori sangat valid, materi 96,28% dengan kategori sangat valid , prestest dan posttest 95,2% dengan kategori sangat valid, angket respon guru 94,81% dengan kategori valid, angket respon siswa 95,5% dengan kategori sangat valid, dan modul merdeka 85,8 dengan kategori sangat valid. (2). Kepraktisan pada elektronik book yang dikembangkan mendapatkan nilai presentasi sebesar 84% dengan kategori “sangat layak”. (3). Elektronik book yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif. Dengan perolehan presentase 93%, elektronik book yang dikembangkan tergolong efektif. Dengan meningkatnya kemampuan penalaran pada tiap indikator penalaran mateamtis siswa yang mencakup 5 indikator, pada indikator pertama siswa meningkat sebesar 35% ( dari 61% menjadi 96%) , indikator kedua meningkat 49% ( dari 47% menjadi 96%), indikator ketiga meningkat 45% (dari 44% menjadi 89%), indikator ke empat meningkat 32% (dari 43% menjadi 75%) , indikator ke lima meningkat 37% (dari 32% menjadi 69%). Sehingga kemampuan penalaran matematis siswa meningkat dari uji coba pretest dan uji coba posttest.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Put p
Keywords: Elektronik book; Penalaran matematis; Barisan; Deret; Aritmatika; Geometri; Canva; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 15 May 2024 04:32
Last Modified: 11 Sep 2025 02:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56824

Actions (login required)

View Item
View Item