Sihombing, Tasya Natali (2023) IMPROVING LEARNING OUTCOMES OF CLASS X STUDENTS IN MATHEMATICS LEARNING AT SMA NEGERI 2 MEDAN THROUGH THE GROUP INVESTIGATION (GI)TYPE COOPERATIVE MODEL. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193312001_Cover.pdf
Download (227kB)
4193312001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (455kB)
4193312001_Abstrak.pdf
Download (87kB)
4193312001_Kata_Pengantar.pdf
Download (119kB)
4193312001_Daftar_Isi.pdf
Download (240kB)
4193312001_Daftar_Gambar.pdf
Download (55kB)
4193312001_Daftar_Tabel.pdf
Download (136kB)
4193312001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (137kB)
4193312001_BAB_I.pdf
Download (271kB)
4193312001_BAB_V.pdf
Download (127kB)
4193312001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (240kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas X MIPA 2 di SMA Negeri 2 Medan menggunakan model pembelajaran Group Investigation.
Penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 dengan jumlah 36 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan dua kali pertemuan di setiap siklusnya. Setiap pertemuan dilakukan tes hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, lembar observasi dan angket respons siswa. Teknik analisis data menggunakan reduksi data dan paparan data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIPA 2. Peningkatan hasil belajar ini dapat diketahui dari kontribusi siswa selama proses pembelajaran berupa tes hasil belajar siswa, siswa dalam memperhatikan penjelasan guru, siswa mengemukakan pendapat, siswa bekerjasama dengan kelompok, respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran dan hasil observasi. Peningkatan ketuntasan klasikal pada tes hasil belajar I siklus I adalah 19,44%. Sedangkan untuk hasil belajar II pada siklus I meningkat menjadi 44,44%. Pada siklus II, tes hasil belajar III ketuntasan klasikal 86,11% meningkat menjadi 94,44% pada tes hasil belajar IV. Hasil observasi menunjukkan bahwa pada siklus I meningkat dari 3,54 menjadi 3,73 dalam kategori sangat baik dan respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model Group Investigation pada siklus I adalah 85% meningkat menjadi 90% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa hampir seluruh siswa di kelas X MIPA 2 memberikan respons yang positif dan menerima pelaksanaan model pembelajaran Group Investigation di kelas X MIPA 2.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Pembelajaran Matematika di SMA Negeri 2 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran matematika; Hasil belajar; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA71 Instruments and machines |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 15 May 2024 03:57 |
Last Modified: | 15 May 2024 03:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56810 |