Amelia, Annisa (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK SWASTA JAMBI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7112142002 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 7112142006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
4. NIM. 7112142002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
3. NIM. 7112142002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
5. NIM. 7112142002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 7112142002 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 7112142002 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 7112142002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
9. NIM. 7112142002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
13. NIM. 7112142002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
14. NIM. 7112142002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Posing dan model pembelajaran Ekspositori siswa pada materi memproses dokumen dana kas kecil kelas XI Ak SMK Swasta Jambi Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Jambi Medan yang beralamat di Jl. Pertiwi No.116 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Ak yang terdiri dari 2 kelas jumlah 60 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah total sampling sebagai kelas eksperimen 1 kelas XI Ak 1 dan eksperimen 2 kelas XI Ak. Instrument yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berbentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 soal. Tes dilakukan sebanyak dua kali yaitu di awal (pre-test) dan di akhir (post-test) penelitian. Sebelum tes diberikan kepada sampel penelitian, maka tes diuji coba terlebih dahulu di SMK Swasta YPK Medan sebanyak 30 soal. Hal ini dilakukan untuk menguji validitas, reliabilitas, daya pembeda soal dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat data. Dalam hal ini dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas data.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretes siswa kelas eksperimen 1 = 44,00 dengan Standar Deviasi = 13,86 dan nilai rata-rata post-tes siswa setelah menggunakan model pembelajaran Problem Posing = 74,83 dengan Standar Deviasi = 8,76. Sedangkan nilai rata-rata pretes siswa kelas eksperimen 2 = 39,50 dengan Standar Deviasi = 13,22 dan nilai rata-rata post-tes siswa menggunakan model pembelajaran Ekspositori = 70,33 dengan Standar Deviasi = 7,54. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung<Ltabel) dan homogen (Fhitung<Ftabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t dan diperoleh thitung>ttabel (2,2590 >1,6788), yang berarti hipotesis dapat diterima antara variabel X dan Y pada taraf signifikan 95 % atau α = 0,05 dengan dk = n+n-2 = 58.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Posing dan model pembelajaran Ekspositori siswa kelas XI Ak SMK Swasta Jambi Medan T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 P.AKT 003 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Posing; Ekspositori; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Jun 2016 07:12 |
Last Modified: | 09 Jun 2016 07:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5681 |