Olivia, Friska (2023) Hubungan Kompetensi Profesional Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 1 Pegajahan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3191121002 COVER.pdf
Download (235kB)
2. NIM 3191121002 LEMBAR PENGESAHAAN.pdf
Download (232kB)
3. NIM 3191121002 ABSTRAK.pdf
Download (212kB)
4. NIM 3191121002 KATA PENGANTAR.pdf
Download (355kB)
5. NIM 3191121002 DAFTAR ISI.pdf
Download (242kB)
6. NIM 3191121002 DAFTAR TABEL.pdf
Download (212kB)
7. NIM 3191121002 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (210kB)
8. NIM 3191121002 BAB I.pdf
Download (662kB)
12. NIM 3191121002 BAB V.pdf
Download (242kB)
13. NIM 3191121002 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (385kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kompetensi profesional guru dengan motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran sejarah di Negeri 1 Pegajahan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode survey dan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMAN 1 Pegajahan dengan jumlah 202 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil secara Purposive Sampling, dengan ukuran sampel sebanyak 64 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan dokumentasi. Teknik validitas menggunakan rumus Product Moment dan teknik reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha dengan bantuan program IBM Statistik 26. Teknik analisis data terdiri dari analisis unit (mean, median, modus, standar deviasi), uji prasyarat (uji normalitas Kolmogorov-Smirnov, Uji homogenitas Barlet, Uji linieritas), dan analisis akhir (uji analisis korelasi Product Moment).
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil penelitian yaitu: terdapat hubungan antara kompetensi profesional guru sejarah dengan motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Pegajahan yang berdasarkan hasil uji korelasi diperoleh rhitung (0,311) > (0,242) rtabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga kompetensi professional guru sejarah mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi belajar sejarah pada siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kompetensi Profesional Guru; Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 15 May 2024 01:29 |
Last Modified: | 15 May 2024 04:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56785 |