Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ulu Barumun

Ricardo, Rajagukguk (2022) Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ulu Barumun. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM 3182121005 COVER.pdf] Text
1 NIM 3182121005 COVER.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 2 NIM 3182121005 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2 NIM 3182121005 APPROVAL SHEET.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 3 NIM 3182121005 ABSTRACT.pdf] Text
3 NIM 3182121005 ABSTRACT.pdf

Download (354kB)
[thumbnail of 4 NIM 3182121005 PREFACE.pdf] Text
4 NIM 3182121005 PREFACE.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of 5 NIM 3182121005 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5 NIM 3182121005 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 6 NIM 3182121005 TABLES.pdf] Text
6 NIM 3182121005 TABLES.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 7 NIM 3182121005 ILLUSTRATION.pdf] Text
7 NIM 3182121005 ILLUSTRATION.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 8 NIM 3182121005 APPENDICES.pdf] Text
8 NIM 3182121005 APPENDICES.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 9 NIM 3182121005 CHAPTER I.pdf] Text
9 NIM 3182121005 CHAPTER I.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of 13 NIM 3182121005 CHAPTER V.pdf] Text
13 NIM 3182121005 CHAPTER V.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 14 NIM 3182121005 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14 NIM 3182121005 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (269kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah adanya pengaruh model Reciprocal Teaching terhadap keterampilan berfikir tingkat tinggi siswa pada pembelajaran Sejarah Indonesia kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ulu Barumun Kab. Padang Lawas T. A 2021/2022 dengan materi Menganalisis sifat pendudukan Jepang dan respon bangsa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dan jenis penelitian Kuantitatif. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah test soal uji coba siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 berjumlah 30 siswa dan kelas XI IPS 2 berjumlah 30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). Keterampilan berfikir tingkat tinggi siswa kelas XI IPS 1 yang diajarkan dengan model reciprocal teaching sebelum diberi perlakuan rata-rata nilai pre-test sebesar 42,83, setelah diberi perlakuan nilai rata-rata siswa sebesar 89. 2). Keterampilan berfikir tingkat tinggi siswa kelas XI IPS 2 yang diajarkan dengan model pembelajaran Numbered Head Together sebelum diberi perlakuan nilai rata-rata siswa sebesar 41, setelah diberi perlakuan nilai rata-rata siswa sebesar 65,33. 3). Terdapat perbedaan rata-rata nilai siswa yang menggunakan model reciprocal teaching dengan model pembelajaran numbered head togetherhal ini terbukti dengan pengujian hipotesis menggunakan uji-t taraf kesukaran α = 0,05. Dengan kriteria pengukuran adalah terima Ho jika thit < ttab dan tolak Ho jika thit > ttab, maka berdasarkan pengujian hipotesis di ketahui bahwa thit > ttab, (2.90 > 2.0017), sehingga dalam penelitian ini Ha dierima sekaligus Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model reciprocal teaching terhadap keterampilan berfikir tingkat siswa dalam pembelajaran Sejarah SMA Negeri 1 Ulu Barumun Kab. Padang Lawas T. A 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajran Reciprocal Teaching; Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 14 May 2024 08:54
Last Modified: 14 May 2024 08:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56777

Actions (login required)

View Item
View Item