Ricardo, Rajagukguk (2022) Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ulu Barumun. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 3182121005 COVER.pdf
Download (120kB)
2 NIM 3182121005 APPROVAL SHEET.pdf
Download (267kB)
3 NIM 3182121005 ABSTRACT.pdf
Download (354kB)
4 NIM 3182121005 PREFACE.pdf
Download (273kB)
5 NIM 3182121005 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (243kB)
6 NIM 3182121005 TABLES.pdf
Download (115kB)
7 NIM 3182121005 ILLUSTRATION.pdf
Download (112kB)
8 NIM 3182121005 APPENDICES.pdf
Download (113kB)
9 NIM 3182121005 CHAPTER I.pdf
Download (367kB)
13 NIM 3182121005 CHAPTER V.pdf
Download (251kB)
14 NIM 3182121005 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (269kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah adanya pengaruh model Reciprocal Teaching terhadap keterampilan berfikir tingkat tinggi siswa pada pembelajaran Sejarah Indonesia kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ulu Barumun Kab. Padang Lawas T. A 2021/2022 dengan materi Menganalisis sifat pendudukan Jepang dan respon bangsa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dan jenis penelitian Kuantitatif. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah test soal uji coba siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 berjumlah 30 siswa dan kelas XI IPS 2 berjumlah 30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). Keterampilan berfikir tingkat tinggi siswa kelas XI IPS 1 yang diajarkan dengan model reciprocal teaching sebelum diberi perlakuan rata-rata nilai pre-test sebesar 42,83, setelah diberi perlakuan nilai rata-rata siswa sebesar 89. 2). Keterampilan berfikir tingkat tinggi siswa kelas XI IPS 2 yang diajarkan dengan model pembelajaran Numbered Head Together sebelum diberi perlakuan nilai rata-rata siswa sebesar 41, setelah diberi perlakuan nilai rata-rata siswa sebesar 65,33. 3). Terdapat perbedaan rata-rata nilai siswa yang menggunakan model reciprocal teaching dengan model pembelajaran numbered head togetherhal ini terbukti dengan pengujian hipotesis menggunakan uji-t taraf kesukaran α = 0,05. Dengan kriteria pengukuran adalah terima Ho jika thit < ttab dan tolak Ho jika thit > ttab, maka berdasarkan pengujian hipotesis di ketahui bahwa thit > ttab, (2.90 > 2.0017), sehingga dalam penelitian ini Ha dierima sekaligus Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model reciprocal teaching terhadap keterampilan berfikir tingkat siswa dalam pembelajaran Sejarah SMA Negeri 1 Ulu Barumun Kab. Padang Lawas T. A 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajran Reciprocal Teaching; Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 14 May 2024 08:54 |
Last Modified: | 14 May 2024 08:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56777 |