Manik, Rio Carlos Elfredo (2020) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Otomotif Yang Pembelajarannya Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Dan Student Team Achievment Division (STAD) Di SMK Swasta Taman Siswa Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5152122006 COVER.pdf
Download (122kB)
2. NIM. 5152122006 APPROVAL SHEET.pdf
Download (202kB)
3. NIM. 5152122006 ABSTRACT.pdf
Download (149kB)
4. NIM. 5152122006 PREFACE.pdf
Download (273kB)
5. NIM. 5152122006 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (147kB)
6. NIM. 5152122006 TABLES.pdf
Download (114kB)
7. NIM. 5152122006 ILLUSTRATION.pdf
Download (112kB)
8. NIM. 5152122006 APPENDICES.pdf
Download (183kB)
9. NIM. 5152122006 CHAPTER I.pdf
Download (456kB)
13. NIM. 5152122006 CHAPTER V.pdf
Download (252kB)
14. NIM. 5152122006 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (278kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum diberi perlakuan (treatmen) dengan sesudah diberi perlakuan (treatmen) pada saat posttest dan untuk mengetahui apakah model pembelajaran tipe Problem Based Learning (PBL) dan Student Team Achievment Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Swasta Taman Siswa Lubuk Pakam. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, salah satunya adalah model pembelajaran yang diterapkan guru di dalam kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimen, yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR I dengan jumlah 30 orang sebagai kelas PBL dan siswa kelas X TKR II dengan jumlah 30 orang sebagai kelas STAD. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil posttest yang berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan hasil belajar sebesar 76,66 untuk kelas PBL, dan 72,61 untuk kelas STAD. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil uji beda (t), dari perhitungan di atas didapatkan thitung= 1,633 sedangkan ttabel= 1,4808. Sehingga bila dimasukkan pada rumus hipotesis thitung > ttabel, (1,633 > 1,4808 ) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas X TKR I yang menggunakan model pembelajaran PBL dengan siswa kelas X TKR II yang menggunakan model pembelajaran STAD. Dari hasil penelitian merekomendasikan pembelajaran dengan model Pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sebaiknya dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam kegiatan pembelajaran Gambar Teknik Otomotif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran; Hasil Belajar; Gambar Teknik; Otomotif |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 May 2024 08:14 |
Last Modified: | 14 May 2024 08:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56765 |