Hutagaol, Horas Golden Mangisi (2020) Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Teaknik Dasar Otomotif Pada Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Yapim Mabar Medan T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5153122002 COVER.pdf
Download (192kB)
2. NIM. 5153122002 APPROVAL SHEET.pdf
Download (132kB)
3. NIM. 5153122002 ABSTRACT.pdf
Download (88kB)
4. NIM. 5153122002 PREFACE.pdf
Download (68kB)
5. NIM. 5153122002 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (67kB)
6. NIM. 5153122002 TABLES.pdf
Download (157kB)
7. NIM. 5153122002 ILLUSTRATION.pdf
Download (84kB)
8. NIM. 5153122002 APPENDICES.pdf
Download (87kB)
9. NIM. 5153122002 CHAPTER I.pdf
Download (278kB)
13. NIM. 5153122002 CHAPTER V.pdf
Download (80kB)
14. NIM. 5153122002 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (159kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara kecerdasan emosional dan disiplin belajar dengan hasil belajar teknik dasar otomotif pada siswa kelas X teknik kendaraan ringan SMK Yapim Mabar Medan T.A 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasional, memakai instrumen angket model Likert dan tes hasil belajar. Jumlah populasi 75 siswa dan diperoleh sampel sebanyak 62 siswa, cara pengambilan sampel dengan teknik Proportional Sampling. Uji validitas instrumen menggunakan koefisien korelasi Product Moment, dan uji reabilitas menggunakan Alpha Cronbach dan Koefisien Kesepakatan. Hasil penelitian di analisis menggunakan koefisien korelasi korelasi Product Moment korelasi parsial dan korelasi ganda dengan bantuan program SPSS 16. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar teknik dasar otomotif (r = 0,365) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara disiplin belajar dengan hasil belajar teknik dasar otomotif (r = 0,701). Hasil analisis regresi tersebut adalah sebagai berikut : Fh = 94,974 harga Ft= 3,150 pada taraf signifikan 5%, sehingga Fh > Ft (94,974> 3,150), bahwa persamaan regresi Y =2,005+ 0,263X1 + 0,706X2. Dengan demikian maka variabel kecerdasan emosional, disiplin belajar dan hasil belajar teknik dasar otomotif memiliki hubungan yang signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan disiplin belajar dengan hasil belajar teknik dasar otomotif pada siswa kelas X teknik kendaraan ringan SMK Yapim Mabar Medan Tahun Ajaran 2019/2020
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kecedasan Emosional; Disiplin Belajar; Hasil Belajar Teknik Dasar Otomotif |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 May 2024 08:06 |
Last Modified: | 14 May 2024 08:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56762 |