PENGARUH E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS VIII SMP SWASTA PALAPA TELAGAH

Pohan, Sovarina Yasarifa (2023) PENGARUH E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS VIII SMP SWASTA PALAPA TELAGAH. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4173111074_Cover.pdf] Text
4173111074_Cover.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 4173111074_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4173111074_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 4173111074_Abstrak.pdf] Text
4173111074_Abstrak.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 4173111074_Kata_Pengantar.pdf] Text
4173111074_Kata_Pengantar.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 4173111074_Daftar_Isi.pdf] Text
4173111074_Daftar_Isi.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 4173111074_Daftar_Gambar.pdf] Text
4173111074_Daftar_Gambar.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 4173111074_Daftar_Tabel.pdf] Text
4173111074_Daftar_Tabel.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 4173111074_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4173111074_Daftar_Lampiran.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 4173111074_BAB_I.pdf] Text
4173111074_BAB_I.pdf

Download (490kB)
[thumbnail of 4173111074_BAB_V.pdf] Text
4173111074_BAB_V.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 4173111074_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4173111074_Daftar_Pustaka.pdf

Download (120kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh e-modul berbasis realistik yang valid, praktis, dan efektif, sehingga dapat membantu siswa dalam memahami materi lingkaran. Instrument penelitian yang digunakan adalah RPP, lembar validasi materi dan media e-modul, tes hasil belajar, serta lembar angket respon siswa dan guru. Setelah seluruh instrument, RPP, dan e-modul dinyatakan valid oleh validator, kemudian dilakukan uji keterbacaan dan uji coba lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) E-Modul yang dikembangkan telah memenuhi nilai kevalidan yaitu (3,37 dan 3,25) dengan kategori sangat layak; (2) E-Modul yang dikembangkan telah memenuhi nilai kepraktisan yaitu (79,75% dan 90,5%) dengan kategori sangat praktis; (3) E-Modul yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif dengan ketuntasan hasil belajar siswa telah memenuhi kriteria yaitu 85% siswa telah memperoleh nilai ≥75 dan ketercapaian pada setiap indikator/tujuan pembelajaran yang melebihi 65% dari total siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Matematika realistik; Lingkaran; Interaktif
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 14 May 2024 02:56
Last Modified: 14 May 2024 02:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56718

Actions (login required)

View Item
View Item