Khairuddin, Azril (2023) Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Meningkatkan Soft Skill Siswa di SMA Negeri 7 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
3191111004_Cover.pdf
Download (92kB)
3191111004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
3191111004_Abstrak.pdf
Download (224kB)
3191111004_Kata_Pengantar.pdf
Download (277kB)
3191111004_Daftar_Isi.pdf
Download (182kB)
3191111004_Daftar_Tabel.pdf
Download (78kB)
3191111004_Daftar_Gambar.pdf
Download (77kB)
3191111004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (100kB)
3191111004_BAB_I.pdf
Download (558kB)
3191111004_BAB_V.pdf
Download (204kB)
3191111004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (240kB)
Abstract
Profil Pelajar Pancasila merupakan pedoman pendidikan saat ini dalam meningkatkan sejumlah ciri karakter dan kompetensi yang diharapkan untuk diraih oleh siswa yang di dasarkan pada nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila. Pentingnya profil pelajar pancasila dalam meningkatkan soft skill siswa karna di masa saat ini dalam karakter, keterampilan berkomunikasi, disiplin siswa mulai menurun disebabkan oleh adanya modernisasi dari teknelogi seperti gadget, aplikasi sosial media serta budaya luar yang menjadi salah satu faktor penghambat dalam pelaksanaan profil pelajar pancasila di SMA Negeri 7 Medan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui implementasi profil pelajar pancasila dalam mengingkatkan soft skill siswa di SMA Negeri 7 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data penelitian melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan dalam memilih informan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa implementasi profil pelajar pancasila dalam meningkatkan soft skill siswa sudah berjalan dalam pembelajaran di kelas pada Tahun ajaran baru ini ditahun 2023 melalui Kurikulum Merdeka. Salah satunya mengenalkan ke siswa tentang proyek dari profil pelajar pancasila sesuai dengan 6 profil yakni beriman bertawa pada Tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, mandiri, gotong royong, bernalar kritis dan kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki pemahaman yang baik tentang Pancasila, namun ada kesenjangan antara pemahaman dan praktik. Ditemukan bahwa siswa yang menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari mereka memiliki soft skill yang lebih baik, termasuk kemampuan komunikasi, kepemimpinan, dan kerjasama. berdasarkan temuan dilapangan adalah siswa baru mengenal dan baru memulai kurikulum merdeka belajar dengan program profil pelajar pancasila sehingga harus mempelajari kembali tentang profil pelajar pancasila dan dapat lebih siap dalam melaksanakannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Profil Pelajar Pancasila, Soft Skill dan Siswa. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 14 May 2024 02:45 |
Last Modified: | 14 May 2024 02:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56713 |