PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA

Hernawan, Siti Marwa (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4191111007_Cover.pdf] Text
4191111007_Cover.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 4191111007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191111007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of 4191111007_Abstrak.pdf] Text
4191111007_Abstrak.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 4191111007_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191111007_Kata_Pengantar.pdf

Download (771kB)
[thumbnail of 4191111007_Daftar_Isi.pdf] Text
4191111007_Daftar_Isi.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 4191111007_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191111007_Daftar_Gambar.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 4191111007_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191111007_Daftar_Tabel.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 4191111007_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191111007_Daftar_Lampiran.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 4191111007_BAB_I.pdf] Text
4191111007_BAB_I.pdf

Download (759kB)
[thumbnail of 4191111007_BAB_V.pdf] Text
4191111007_BAB_V.pdf

Download (532kB)
[thumbnail of 4191111007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191111007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (542kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah terdapat pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 05 Percut Sei Tuan merupakan penelitian yang termasuk kedalam kategori eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain penelitian yang digunakan yaitu pretest-posttest control group design yang merupakan bentuk desain yang melibatkan dua kelompok kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Terdapat 60 subyek dari kelas VIII dalam penelitian ini yang diperoleh dengan teknik random sampling, terdiri dari 30 siswa pada kelas eksperimen yang diberlakukan pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan kontekstual dan 30 siswa lainnya untuk kelas kontrol yang diberlakukan pembelajaran konvensional. Instrumen tes pada penelitian ini menggunakan tes kemampuan representasi matematis berjumlah 4 butir soal dalam bentuk essay. Berdasarkan data hasil posttest, nilai rata-rata pada kelas eksperimen yaitu sebesar 82,98 dan nilai rata-rata pada kelas kontrol yaitu 77,15. Berdasarkan hasil uji statistik,data terbukti berdistribusi normal dan homogen sehingga dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil dari uji-t menunjukkan bahwa thitung = 4,083 dan ttabel = 2,0017 dengan taraf signifikansi 0,05 yang artinya thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan representasi matematis siswa yang diberlakukan pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan kontekstual lebih tinggi dari pada rata-rata kemampuan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Hal ini berarti, terdapat pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan representasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; Pendekatan kontekstual; Representasi matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 14 May 2024 02:09
Last Modified: 14 May 2024 02:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56707

Actions (login required)

View Item
View Item