Sitanggang, Hansel Triono (2019) Optimasi Nilai Aerodinamis Bodi Mobil Urban Listrik Alogo-Go Ev. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 5143121009 COVER.pdf
Download (40kB)
02. NIM 5143121009 APPROVAL SHEET.pdf
Download (132kB)
03. NIM 5143121009 ABSTRACT.pdf
Download (141kB)
04. NIM 5143121009 PREFACE.pdf
Download (140kB)
05. NIM 5143121009 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (144kB)
06. NIM 5143121009 LIST OF TABLE.pdf
Download (110kB)
07. NIM 5143121009 LIST OF ILLUSTRATION.pdf
Download (263kB)
08. NIM 5143121009 LIST OF APPENDICES.pdf
Download (110kB)
09. NIM 5143121009 CHAPTER I.pdf
Download (403kB)
13. NIM 5143121009 CHAPTER V.pdf
Download (139kB)
14. NIM 5143121009 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (268kB)
Abstract
Peningkatan penekanan pada penghematan energi yang dibutuhkan kendaraan telah memacu keterkaitan dalam memperbaiki nilai aerodinamika kendaraan. Kehematan energi yang diperlukan salah satunya dipengaruhi oleh nilai koefisien drag dari bodi kendaraan tersebut. Untuk itu diperlukan beberapa simulasi pengembangan bentuk bodi untuk menekan nilai koefisien drag yang semakin kecil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan atau dengan kata lain mengurangi nilai koefisien drag yang dihasilkan oleh bodi mobil urban listrik Alogo-Go Ev dengan melakukan upaya perencanaan bentuk bodi mobil yang lebih aerodinamis, mensimulasikan dan membandingkan hasil simulasi dalam hal ini nilai koefisien drag pada tiap percobaan bentuk bodi mobil urban listrik Alogo-Go Ev. Simulasi aerodinamika menggunakan software FlowSimulation 2014 dengan bantuan software SolidWorks 2014 untuk membuat desain percobaan bentuk bodi mobil yang baru. Hasil dari simulasi menunjukkan terdapat pengaruh sudut bentuk bodi depan dan belakang mobil urban listrik Alogo-Go Ev. Percobaan perubahan sudut depan dan sudut belakang bodi mobil dilakukan sebanyak lima kali dengan tiap kecepatan 20,30,40,50 km/jam. Hasil terbaik ditunjukkan pada percobaan 2.2 dengan rata-rata nilai koefisien drag bodi mobil 0,19. Hasil tersebut didapat dengan melakukan perubahan pada sudut depan mobil menggunakan sudut 420 dan pada bagian belakang menggunakan sudut 130
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Aerodinamika; koefisien drag; Computational Fluid Dynamics (CFD); FlowSimulation SolidWorks 2014 |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 May 2024 01:36 |
Last Modified: | 14 May 2024 01:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56705 |