Optimasi Nilai Aerodinamis Bodi Mobil Urban Listrik Alogo-Go Ev

Sitanggang, Hansel Triono (2019) Optimasi Nilai Aerodinamis Bodi Mobil Urban Listrik Alogo-Go Ev. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM 5143121009 COVER.pdf] Text
01. NIM 5143121009 COVER.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of 02. NIM 5143121009 APPROVAL SHEET.pdf] Text
02. NIM 5143121009 APPROVAL SHEET.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of 03. NIM 5143121009 ABSTRACT.pdf] Text
03. NIM 5143121009 ABSTRACT.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 04. NIM 5143121009 PREFACE.pdf] Text
04. NIM 5143121009 PREFACE.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 05. NIM 5143121009 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
05. NIM 5143121009 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 06. NIM 5143121009 LIST OF TABLE.pdf] Text
06. NIM 5143121009 LIST OF TABLE.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 07. NIM 5143121009 LIST OF ILLUSTRATION.pdf] Text
07. NIM 5143121009 LIST OF ILLUSTRATION.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of 08. NIM 5143121009 LIST OF APPENDICES.pdf] Text
08. NIM 5143121009 LIST OF APPENDICES.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 09. NIM 5143121009 CHAPTER I.pdf] Text
09. NIM 5143121009 CHAPTER I.pdf

Download (403kB)
[thumbnail of 13. NIM 5143121009 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 5143121009 CHAPTER V.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 14. NIM 5143121009 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 5143121009 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (268kB)

Abstract

Peningkatan penekanan pada penghematan energi yang dibutuhkan kendaraan telah memacu keterkaitan dalam memperbaiki nilai aerodinamika kendaraan. Kehematan energi yang diperlukan salah satunya dipengaruhi oleh nilai koefisien drag dari bodi kendaraan tersebut. Untuk itu diperlukan beberapa simulasi pengembangan bentuk bodi untuk menekan nilai koefisien drag yang semakin kecil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan atau dengan kata lain mengurangi nilai koefisien drag yang dihasilkan oleh bodi mobil urban listrik Alogo-Go Ev dengan melakukan upaya perencanaan bentuk bodi mobil yang lebih aerodinamis, mensimulasikan dan membandingkan hasil simulasi dalam hal ini nilai koefisien drag pada tiap percobaan bentuk bodi mobil urban listrik Alogo-Go Ev. Simulasi aerodinamika menggunakan software FlowSimulation 2014 dengan bantuan software SolidWorks 2014 untuk membuat desain percobaan bentuk bodi mobil yang baru. Hasil dari simulasi menunjukkan terdapat pengaruh sudut bentuk bodi depan dan belakang mobil urban listrik Alogo-Go Ev. Percobaan perubahan sudut depan dan sudut belakang bodi mobil dilakukan sebanyak lima kali dengan tiap kecepatan 20,30,40,50 km/jam. Hasil terbaik ditunjukkan pada percobaan 2.2 dengan rata-rata nilai koefisien drag bodi mobil 0,19. Hasil tersebut didapat dengan melakukan perubahan pada sudut depan mobil menggunakan sudut 420 dan pada bagian belakang menggunakan sudut 130

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Aerodinamika; koefisien drag; Computational Fluid Dynamics (CFD); FlowSimulation SolidWorks 2014
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 May 2024 01:36
Last Modified: 14 May 2024 01:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56705

Actions (login required)

View Item
View Item