Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang DiajarkanMenggunakan Model Discovery Learning dan Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Swasta Prayatna 2 Medan 2019/2020

Siahaan, Ruth CM (2020) Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang DiajarkanMenggunakan Model Discovery Learning dan Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Swasta Prayatna 2 Medan 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5153122009 COVER.pdf] Text
1. NIM. 5153122009 COVER.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 2. NIM. 5153122009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. NIM. 5153122009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 3. NIM. 5153122009 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 5153122009 ABSTRACT.pdf

Download (423kB)
[thumbnail of 4. NIM. 5153122009 KATA PENGANTAR.pdf] Text
4. NIM. 5153122009 KATA PENGANTAR.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of 5. NIM. 5153122009 DAFTAR ISI.pdf] Text
5. NIM. 5153122009 DAFTAR ISI.pdf

Download (259kB)
[thumbnail of 6. NIM. 5153122009 DAFTAR TABEL.pdf] Text
6. NIM. 5153122009 DAFTAR TABEL.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 7. NIM. 5153122009 DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
7. NIM. 5153122009 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 8. NIM. 5153122009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
8. NIM. 5153122009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 9.NIM 5153122009 BAB I.pdf] Text
9.NIM 5153122009 BAB I.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of 13. NIM. 5153122009 BAB V.pdf] Text
13. NIM. 5153122009 BAB V.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 14. NIM. 5153122009 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. NIM. 5153122009 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model Problem Based Learning dan Model Discovery Learning terhadap hasil belajar Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif pada kelas X TKR SMK S Prayatna 2 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode the matching only pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Swasta Prayatna 2 Medan dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif berupa pilihan berganda jumlah 30 Soal dengan 5 alternatif pilihan. Teknik analisis data melalui uji normalitas dengan menggunakan liliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan uji-F. Hasil analisis diperoleh nilai T_(hitung )>T_(tabel ) (2,74 > 2,001) pada taraf signifikan 0,05% yang artinya H_oditolak dan〖 H〗_a diterima atau dengan kata lain bahwa hasil belajar siswa mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibanding hasil belajar Teknologi Dasar Otomotif yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar; Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif; Model Pembelajaran; Problem Based Learning; Discovery Learning
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 13 May 2024 08:54
Last Modified: 13 May 2024 08:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56701

Actions (login required)

View Item
View Item