Situmorang, Siska Dewi Titania (2023) PEMBUATAN E-MODUL FISIKA BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK KELAS X SMA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4192421027_Cover.pdf
Download (47kB)
4192421027_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (307kB)
4192421027_Abstrak.pdf
Download (63kB)
4192421027_Kata_Pengantar.pdf
Download (601kB)
4192421027_Daftar_Isi.pdf
Download (116kB)
4192421027_Daftar_Gambar.pdf
Download (58kB)
4192421027_Daftar_Tabel.pdf
Download (57kB)
4192421027_Daftar_Lampiran.pdf
Download (34kB)
4192421027_BAB_I.pdf
Download (229kB)
4192421027_BAB_V.pdf
Download (35kB)
4192421027_Daftar_Pustaka.pdf
Download (153kB)
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk mengetahui tingkat kelayakan, tingkat kepraktisan dan tingkat keefektifan e-modul fisika berbasis STEM pada materi usaha dan energi kelas X SMA. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) menggunakan model ADDIE untuk mengembangkan e-modul pada materi usaha dan energi berbasis STEM. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa siswi kelas X di SMAN 1 Deli Tua, sampel penelitian ini adalah siswa siswi kelas X MIA 3 SMAN 1 Deli Tua. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil validasi ahli materi sebesar 88,16% dengan kategori sangat layak, validasi ahli media 90,7% dengan kategori sangat layak. Hasil uji kepraktisan, uji skala kecil diperoleh bahwa aspek kemudahan memperoleh persentase 91,3%, aspek kemenarikan memperoleh persentase 91,8%, dan aspek kemanfaatan memperoleh 90,2%. hasil uji coba skala besar, diperoleh bahwa e-modul memperoleh kategori sangat praktis, yaitu mencapai 92,6%. Aspek kemudahan memperoleh persentase 93,2%, aspek kemenarikan memperoleh 94%, dan aspek kemanfaatan memperoleh persentase 90%. Uji skala kecil dan besar diperoleh kategori sangat praktis. Uji keefektifan diperoleh bahwa rata-rata nilai pre-test yang diperoleh siswa adalah 37,66 dan nilai rata-rata post-test siswa adalah 89,6%. Berdasarkan uji N-gain, diperoleh bahwa nilai rata-rata N-gain siswa adalah sebesar 0,84 atau 83,94%, yaitu ditafsirkan memiliki efektivitas tinggi Oleh sebab itu, produk yang dibuat dalam penelitian ini layak, praktis dan efektif digunakan untuk mendukung proses belajar mandiri siswa terhadap materi usaha dan energi dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kelayakan; Keeefektifan; Kepraktisan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 13 May 2024 08:46 |
Last Modified: | 13 May 2024 08:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56698 |