Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI TITL Di SMKN 1 Percut Sei Tuan TP. 2019/2020

Malau, Reza Kristian (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI TITL Di SMKN 1 Percut Sei Tuan TP. 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 5151131042 COVER.pdf] Text
1. NIM 5151131042 COVER.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 2. NIM 5151131042 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 5151131042 APPROVAL SHEET.pdf

Download (580kB)
[thumbnail of 3. NIM 5151131042 ABSTRAK.pdf] Text
3. NIM 5151131042 ABSTRAK.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 4. NIM 5151131042 PREFACE.pdf] Text
4. NIM 5151131042 PREFACE.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of 5. NIM 5151131042 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 5151131042 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of 6. NIM 5151131042 TABLES.pdf] Text
6. NIM 5151131042 TABLES.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 7. NIM 5151131042 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM 5151131042 ILLUSTRATION.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of 8. NIM 5151131042 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM 5151131042 APPENDICES.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 9. NIM 5151131042 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM 5151131042 CHAPTER I.pdf

Download (594kB)
[thumbnail of 13. NIM 5151131042 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 5151131042 CHAPTER V.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of 14. NIM 5151131042 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 5151131042 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (322kB)

Abstract

Tujuan Penelitian Ini adalah mengetahui pengaruh hasil belajar menggunakan model Creative Problem Solving mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik pada kompetensi dasar memahami Instalasi Penerangan Listrik 1 fasa di kelas XI smester ganjil Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 1 Percut Sei Tuan TP. 2019/2020. Penelitian ini di laksanakan di kelas XI SMKN 1 Percut Sei Tuan TP. 2019/2020, yang berjumlah 30 siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Creative Problem Solving. Objek penelitian ini adalah proses belajar mengajar smester ganjil pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Lisrik. Teknik pengumpulan data menggunakan posttest. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Creative Problem Solving (Kelas Eksperimen) adalah sebesar 23,2. Sedangkan kelompok siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Ekspositori (Kelas Kontrol) diperoleh rata-rata nilai posttest sebesar 19,2. Dengan demikian hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving lebih tinggi dari pada siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Ekspositori.Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik dapat dilakukan dengan menggunakan model Creative Problem Solving.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Creative Problem Solving; Ekspositori; Hasil belajar kompetensi dasar memahami Instalasi Penerangan Listrik
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2896 Production of electricity by direct energy conversion
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 13 May 2024 08:20
Last Modified: 13 May 2024 08:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56693

Actions (login required)

View Item
View Item