Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora inspire Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Di TITL SMK Negeri 2 Tebing Tinggi

Hutapea, Jhon Fredrik (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora inspire Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Di TITL SMK Negeri 2 Tebing Tinggi. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5153331007 COVER.pdf] Text
1. NIM. 5153331007 COVER.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of 2. NIM. 5153331007 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM. 5153331007 APPROVAL SHEET.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. NIM. 5153331007 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM. 5153331007 ABSTRACT.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of 4. NIM. 5153331007 PREFACE.pdf] Text
4. NIM. 5153331007 PREFACE.pdf

Download (294kB)
[thumbnail of 5. NIM. 5153331007 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM. 5153331007 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 6. NIM. 5153331007 ILLUSTRATION.pdf] Text
6. NIM. 5153331007 ILLUSTRATION.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 7. NIM. 5153331007 TABLES.pdf] Text
7. NIM. 5153331007 TABLES.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 8. NIM. 5153331007 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM. 5153331007 APPENDICES.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 9. NIM 5153331007 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM 5153331007 CHAPTER I.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of 13. NIM. 5153331007 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM. 5153331007 CHAPTER V.pdf

Download (377kB)
[thumbnail of 14. NIM. 5153331007 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM. 5153331007 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (299kB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis lectora inspire pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika ini didasarkan pada analisis kebutuhan bahwa belum tersedianya media pembelajaran yang menarik sebagai penunjang dalam pembelajaran, terutama media pembelajaran yang memuat materi, latihan soal (quiz), dan video yang berkaitan dengan materi sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. hasil pengembangan ini dimaksudkan untuk dapat meningkatkan keefektifan pembelajaran dasar listrik dan elektronika dalam mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam kurikulum. Media pembelajaran interaktif berbasis lectora inspire dikembangkan menggunakan model desain pengembangan ADDIE.Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran Lectora Inspre dan tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis Lectora Inspre pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Di TITL SMKN 2 Tebing Tinggi. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development atau yang lebih dikenal R&D. Sedangkan model pengembangannya menggunakan model ADDIE yaitu ; (1) Analysis, (2) design, (3) Development, (4) Implementation,(5) Evaluasi. Berdasarkan data yang didapat selama penelitian, ahli media memberikan nilai rata-rata sebesar 4,07 dalam indikator Baik dan ahli materi memberikan nilai rata-rata sebesar 4,34 yang mampu mencapai indikator kelayakan Sangat Baik. Hasil uji coba pada user juga mencapai indikator Sangat Baik dengan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 4,18. Efektivitas pembelajaran dengan menggunakan Media pembelajran Lectora Inspire dengan jumlah rata-rata pre test lebih rendah dibandingkan post test yaitu 53 < 80 menggunakan analisis uji N-Gain sebesar 0,57 dikategorikan “Sedang” atau “Efektif”.Demikian pengembangan media pembelajaran sangat baik dilakukan dengan melihat nilai dari para responden dan juga tanggapan positif yang mendukung untuk media pembelajaran ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Lectora inspire; Research and Development(R&D); ADDIE
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2896 Production of electricity by direct energy conversion
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 13 May 2024 08:10
Last Modified: 13 May 2024 08:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56691

Actions (login required)

View Item
View Item