Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik Kelas XI TITL SMK N 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2019/2020

Simanjuntak, Alex (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik Kelas XI TITL SMK N 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM.5151131003 COVER.pdf] Text
1.NIM.5151131003 COVER.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 2.NIM.5151131003 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2.NIM.5151131003 APPROVAL SHEET.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of 3.NIM.5151131003 ABSTRACT.pdf] Text
3.NIM.5151131003 ABSTRACT.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 4. NIM5151131003 FREFACE.pdf] Text
4. NIM5151131003 FREFACE.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 5.NIM.5151131003 TABLE OFF CONTENT.pdf] Text
5.NIM.5151131003 TABLE OFF CONTENT.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 6.NIM.5151131003 TABLES.pdf] Text
6.NIM.5151131003 TABLES.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 7.NIM.5151131003 ILLUSTRATION.pdf] Text
7.NIM.5151131003 ILLUSTRATION.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 8.NIM.5151131003 CHAPTER I.pdf] Text
8.NIM.5151131003 CHAPTER I.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of 12.NIM.5151131003 CHAPTER V.pdf] Text
12.NIM.5151131003 CHAPTER V.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 13.NIM.5151131003 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
13.NIM.5151131003 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (267kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Instalasi Tenaga Listrik kelas XI TITL SMK N 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah eksperiment dengan model posttest-only control group design. Populasi penenelitian ini adalah kelas XI TITL SMK N 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 90 orang. Dan pengambilan sampel dilakukan dengan cara randomized. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu, Kelas eksperiment diajar dengan model kooperatif tipe TGT dan kelas kontrol diajar dengan model konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik test pilihan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model kooperatif tipe TGT lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar secara konvensional. Nilai rata-rata pada kelas eksperiment adalah 23,43 pada kelas kontrol diperoleh nilai rata rata 19,33. Untuk menguji kenormalan data digunakan uji liliefors pada taraf nyata 5%. Hasil pengujian bahwa kelas eksperiment dan kelas kontrol termasuk kategori normal dimana Lhitung= 0.087154 ≤ 0,161 untuk kelas eksperiment dan Lhitung = 0.090345 ≤ Ltabel yaitu 0,161 untuk kelas kontrol. Uji homogenitas memperoleh nilai Fhitung sebesar 1,10 dan Ftabel 1,85. Nilai Fhitung ≤ Ftabel yaitu Fhitung ≤ Ftabel yaitu 1,10 ≤ 1,85 menunjukkan bahwa sampel bersifat homogen. Hasil uji hipotesis dengan taraf nyata 5% menunjukkan nilai thitung 2,786 dengan nilai ttabel 1,672. Nilai thitung 2,786 > ttabel 1,672 berarti bahwa Ha diterima dan disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model kooperatif tipe TGT lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran TGT; Konvensional; Hasil Belajar
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2896 Production of electricity by direct energy conversion
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 13 May 2024 07:52
Last Modified: 13 May 2024 07:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56688

Actions (login required)

View Item
View Item