Simanjuntak, Alex (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik Kelas XI TITL SMK N 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM.5151131003 COVER.pdf
Download (68kB)
2.NIM.5151131003 APPROVAL SHEET.pdf
Download (420kB)
3.NIM.5151131003 ABSTRACT.pdf
Download (141kB)
4. NIM5151131003 FREFACE.pdf
Download (174kB)
5.NIM.5151131003 TABLE OFF CONTENT.pdf
Download (201kB)
6.NIM.5151131003 TABLES.pdf
Download (172kB)
7.NIM.5151131003 ILLUSTRATION.pdf
Download (267kB)
8.NIM.5151131003 CHAPTER I.pdf
Download (335kB)
12.NIM.5151131003 CHAPTER V.pdf
Download (90kB)
13.NIM.5151131003 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (267kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Instalasi Tenaga Listrik kelas XI TITL SMK N 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah eksperiment dengan model posttest-only control group design. Populasi penenelitian ini adalah kelas XI TITL SMK N 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 90 orang. Dan pengambilan sampel dilakukan dengan cara randomized. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu, Kelas eksperiment diajar dengan model kooperatif tipe TGT dan kelas kontrol diajar dengan model konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik test pilihan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model kooperatif tipe TGT lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar secara konvensional. Nilai rata-rata pada kelas eksperiment adalah 23,43 pada kelas kontrol diperoleh nilai rata rata 19,33. Untuk menguji kenormalan data digunakan uji liliefors pada taraf nyata 5%. Hasil pengujian bahwa kelas eksperiment dan kelas kontrol termasuk kategori normal dimana Lhitung= 0.087154 ≤ 0,161 untuk kelas eksperiment dan Lhitung = 0.090345 ≤ Ltabel yaitu 0,161 untuk kelas kontrol. Uji homogenitas memperoleh nilai Fhitung sebesar 1,10 dan Ftabel 1,85. Nilai Fhitung ≤ Ftabel yaitu Fhitung ≤ Ftabel yaitu 1,10 ≤ 1,85 menunjukkan bahwa sampel bersifat homogen. Hasil uji hipotesis dengan taraf nyata 5% menunjukkan nilai thitung 2,786 dengan nilai ttabel 1,672. Nilai thitung 2,786 > ttabel 1,672 berarti bahwa Ha diterima dan disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model kooperatif tipe TGT lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran TGT; Konvensional; Hasil Belajar |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2896 Production of electricity by direct energy conversion |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 13 May 2024 07:52 |
Last Modified: | 13 May 2024 07:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56688 |