Nadila, Umi (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII IPA PADA MATERI HAKIKAT ILMU SAINS, PENGUKURAN DAN METODE ILMIAH MTS N 2 MEDAN T.P 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
4191151001_Cover.pdf
Download (79kB)
4191151001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (233kB)
4191151001_Abstrak.pdf
Download (137kB)
4191151001_Kata_Pengantar.pdf
Download (155kB)
4191151001_Daftar_Isi.pdf
Download (312kB)
4191151001_BAB_I.pdf
Download (135kB)
4191151001_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
4191151001_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (775kB)
4191151001_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (867kB)
4191151001_BAB_V.pdf
Download (226kB)
4191151001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (239kB)
4191151001_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran powtoon terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Mts N 2 Medan yang berjumlah 12 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 yang berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 berjumlah 32 orang sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan instrument tes pilihan ganda yang terdiri dari 20 butir soal. Berdasarkan pengolahan data diperoleh rata-rata nilai 52.96875 ± 9.9886. sebaran kemampuan awal siswa masih berada dibawah nilai KKM dengan kategori rendah > 70 dan mengalami peningkatan pada sebaran kemampuan akhir diantara rentang nilai 89.6875 ± 6.4679. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t (dua pihak/independent saple t test) dengan menggunakan program SPSS 26.0 for windows dengan taraf signifikansi α (0,05), jika diperoleh hasil sig < α (0,05) maka Ha diterima dan HO ditolak begitu sebaliknya. Untuk menjawab rumusan masalah yang pertama yaitu apakah terdapat perbedaan signifikan rata-rata nilai hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media powtoon diperoleh sig 0.021 < α (0,05) yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata nilai hasil belajar siswa yang dibelajaran dengan media pembelajaran powtoon pada materi hakikat ilmu sains, pengukuran dan metode ilmiah.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | 507 Nad p |
| Keywords: | Media pembelajaran; Powtoon; Hasil belajar; Hakikat ilmu sains; Pengukuran dan metode ilmiah |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 13 May 2024 07:38 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 08:07 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56682 |
