PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII IPA PADA MATERI HAKIKAT ILMU SAINS, PENGUKURAN DAN METODE ILMIAH MTS N 2 MEDAN T.P 2023/2024

Nadila, Umi (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII IPA PADA MATERI HAKIKAT ILMU SAINS, PENGUKURAN DAN METODE ILMIAH MTS N 2 MEDAN T.P 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4191151001_Cover.pdf] Text
4191151001_Cover.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 4191151001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191151001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 4191151001_Abstrak.pdf] Text
4191151001_Abstrak.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 4191151001_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191151001_Kata_Pengantar.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 4191151001_Daftar_Isi.pdf] Text
4191151001_Daftar_Isi.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of 4191151001_BAB_I.pdf] Text
4191151001_BAB_I.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 4191151001_BAB_V.pdf] Text
4191151001_BAB_V.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 4191151001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191151001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (239kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran powtoon terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas
VII Mts N 2 Medan yang berjumlah 12 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 yang berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 berjumlah 32 orang sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan instrument tes pilihan ganda yang terdiri dari 20 butir soal. Berdasarkan pengolahan data diperoleh rata-rata nilai
52.96875 ± 9.9886. sebaran kemampuan awal siswa masih berada dibawah nilai KKM dengan kategori rendah > 70 dan mengalami peningkatan pada sebaran kemampuan akhir diantara rentang nilai 89.6875 ± 6.4679. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t (dua pihak/independent saple t test) dengan menggunakan program SPSS 26.0 for windows dengan taraf signifikansi α (0,05), jika diperoleh hasil sig < α (0,05) maka Ha diterima
dan HO ditolak begitu sebaliknya. Untuk menjawab rumusan masalah yang pertama yaitu apakah terdapat perbedaan signifikan rata-rata nilai hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media powtoon diperoleh sig 0.021 < α (0,05) yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata nilai hasil belajar siswa yang dibelajaran dengan media pembelajaran powtoon pada materi hakikat ilmu sains, pengukuran dan metode ilmiah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 507 Nad p
Keywords: Media pembelajaran; Powtoon; Hasil belajar; Hakikat ilmu sains; Pengukuran dan metode ilmiah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 May 2024 07:38
Last Modified: 13 May 2024 07:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56682

Actions (login required)

View Item
View Item