Nadila, Umi (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII IPA PADA MATERI HAKIKAT ILMU SAINS, PENGUKURAN DAN METODE ILMIAH MTS N 2 MEDAN T.P 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
4191151001_Cover.pdf
Download (79kB)
4191151001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (233kB)
4191151001_Abstrak.pdf
Download (137kB)
4191151001_Kata_Pengantar.pdf
Download (155kB)
4191151001_Daftar_Isi.pdf
Download (312kB)
4191151001_BAB_I.pdf
Download (135kB)
4191151001_BAB_V.pdf
Download (226kB)
4191151001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (239kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran powtoon terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas
VII Mts N 2 Medan yang berjumlah 12 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 yang berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 berjumlah 32 orang sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan instrument tes pilihan ganda yang terdiri dari 20 butir soal. Berdasarkan pengolahan data diperoleh rata-rata nilai
52.96875 ± 9.9886. sebaran kemampuan awal siswa masih berada dibawah nilai KKM dengan kategori rendah > 70 dan mengalami peningkatan pada sebaran kemampuan akhir diantara rentang nilai 89.6875 ± 6.4679. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t (dua pihak/independent saple t test) dengan menggunakan program SPSS 26.0 for windows dengan taraf signifikansi α (0,05), jika diperoleh hasil sig < α (0,05) maka Ha diterima
dan HO ditolak begitu sebaliknya. Untuk menjawab rumusan masalah yang pertama yaitu apakah terdapat perbedaan signifikan rata-rata nilai hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media powtoon diperoleh sig 0.021 < α (0,05) yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata nilai hasil belajar siswa yang dibelajaran dengan media pembelajaran powtoon pada materi hakikat ilmu sains, pengukuran dan metode ilmiah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 507 Nad p |
Keywords: | Media pembelajaran; Powtoon; Hasil belajar; Hakikat ilmu sains; Pengukuran dan metode ilmiah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 13 May 2024 07:38 |
Last Modified: | 13 May 2024 07:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56682 |