PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUANMEDIA VIRTUAL LAB TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA

Ariyanti, Sindy (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUANMEDIA VIRTUAL LAB TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4191131025_Cover.pdf] Text
4191131025_Cover.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of 4191131025_Lembar_Pengesahan.PDF] Text
4191131025_Lembar_Pengesahan.PDF

Download (1MB)
[thumbnail of 4191131025_Abstrak.pdf] Text
4191131025_Abstrak.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 4191131025_Kata_Pengantar.PDF] Text
4191131025_Kata_Pengantar.PDF

Download (491kB)
[thumbnail of 4191131025_Daftar_Isi.pdf] Text
4191131025_Daftar_Isi.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 4191131025_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191131025_Daftar_Gambar.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 4191131025_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191131025_Daftar_Tabel.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 4191131025_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191131025_Daftar_Lampiran.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of 4191131025_BAB_I.pdf] Text
4191131025_BAB_I.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of 4191131025_BAB_V.pdf] Text
4191131025_BAB_V.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 4191131025_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191131025_Daftar_Pustaka.pdf

Download (330kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan Media Virtual Lab terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan motivasi belajar siswa materi asam basa. Sampel diambil secara purposive sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen menggunakan model CTL berbantuan virtual lab sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan berganda dengan tingkat kognitif C4-C6 dan non tes angket motivasi belajar siswa. Data kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dianalisis dengan uji-t pihak kanan dengan taraf signifikansi 0,05 setelah terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data sebagai pra-syarat uji-t. Data motivasi belajar siswa dianalisis dengan statistik deskriptif. Uji korelasi untuk melihat hubungan motivasi belajar dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Hasil uji-t kemampuan berpikir tingkat tinggi diperoleh thitung>ttabel (6,50>1,66827) yang menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima yaitu penerapan model CTL berbantuan virtual lab berpengaruh terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Hasil uji korelasi diperoleh rhitung > rtabel (0,45>0,339) yang menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa berkorelasi positif dan signifikan dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang menggunakan model pembelajaran CTL berbantuan virtual lab. Dengan nilai koefisien korelasi r = 0,45 termasuk korelasi dengan kategori cukup. Kontribusi motivasi siswa terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan menggunakan determinasi (CD) sebesar 20,25% sedangkan 79,75% disebabkan oleh faktor-faktor lainnya. Adapun nilai rata-rata dan standar deviasi motivasi belajar siswa untuk kelas eksperimen (72,68 ± 6,22) dan untuk kelas kontrol (64,12 ± 7,79) yang berarti motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Motivasi siswa; Asam basa; Kemampuan berfikir tingkat tinggi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 13 May 2024 07:23
Last Modified: 13 May 2024 07:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56681

Actions (login required)

View Item
View Item