PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERMEDIAKAN ISPRING SUITE 10 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA

Shifa, Shintia Tri (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERMEDIAKAN ISPRING SUITE 10 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4191131017_Cover.pdf] Text
4191131017_Cover.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 4191131017_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191131017_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of 4191131017_Abstrak.pdf] Text
4191131017_Abstrak.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 4191131017_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191131017_Kata_Pengantar.pdf

Download (488kB)
[thumbnail of 4191131017_Daftar_Isi.pdf] Text
4191131017_Daftar_Isi.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 4191131017_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191131017_Daftar_Gambar.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 4191131017_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191131017_Daftar_Tabel.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 4191131017_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191131017_Daftar_Lampiran.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 4191131017_BAB_I.pdf] Text
4191131017_BAB_I.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of 4191131017_BAB_V.pdf] Text
4191131017_BAB_V.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 4191131017_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191131017_Daftar_Pustaka.pdf

Download (215kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning bermediakan ispring suite 10 terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada pokok bahasan asam basa di kelas XI SMA Negeri 1 Pancur Batu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini mengambil sampel yang terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen pada kelas XI MIA 1 dan kelompok kontrol pada kelas XI MIA 2. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, tes hasil belajar, angket motivasi belajar dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan rumus uji t satu pihak. Rata-rata posttest pada kelas eksperimen > kelas kontrol (80,66 > 73,16). Hasil uji-t hasil belajar siswa diperoleh signifikasi data < 0,05 (0,00) yang menunjukkan model pembelajaran problem based learning bermediakan iSpring suite 10 berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi asam basa. Hasil uji-t motivasi belajar siswa diperoleh signifikasi data < 0,05 (0,00) yang menunjukkan model pembelajaran problem based learning bermediakan iSpring suite 10 berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi asam basa. Hasil uji korelasi diperoleh signifikasi data < 0,05 (0,007) yaitu ada korelasi yang signifikan antara motivasi dengan hasil belajar siswa. Maka dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan model pembelajaran problem based learning bermediakan iSpring suite 10 terhadap hasil dan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Asam basa; Motivasi belajar; Model pemebelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 13 May 2024 06:22
Last Modified: 13 May 2024 06:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56675

Actions (login required)

View Item
View Item