Shifa, Shintia Tri (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERMEDIAKAN ISPRING SUITE 10 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4191131017_Cover.pdf
Download (94kB)
4191131017_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (306kB)
4191131017_Abstrak.pdf
Download (114kB)
4191131017_Kata_Pengantar.pdf
Download (488kB)
4191131017_Daftar_Isi.pdf
Download (134kB)
4191131017_Daftar_Gambar.pdf
Download (85kB)
4191131017_Daftar_Tabel.pdf
Download (87kB)
4191131017_Daftar_Lampiran.pdf
Download (89kB)
4191131017_BAB_I.pdf
Download (277kB)
4191131017_BAB_V.pdf
Download (114kB)
4191131017_Daftar_Pustaka.pdf
Download (215kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning bermediakan ispring suite 10 terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada pokok bahasan asam basa di kelas XI SMA Negeri 1 Pancur Batu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini mengambil sampel yang terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen pada kelas XI MIA 1 dan kelompok kontrol pada kelas XI MIA 2. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, tes hasil belajar, angket motivasi belajar dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan rumus uji t satu pihak. Rata-rata posttest pada kelas eksperimen > kelas kontrol (80,66 > 73,16). Hasil uji-t hasil belajar siswa diperoleh signifikasi data < 0,05 (0,00) yang menunjukkan model pembelajaran problem based learning bermediakan iSpring suite 10 berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi asam basa. Hasil uji-t motivasi belajar siswa diperoleh signifikasi data < 0,05 (0,00) yang menunjukkan model pembelajaran problem based learning bermediakan iSpring suite 10 berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi asam basa. Hasil uji korelasi diperoleh signifikasi data < 0,05 (0,007) yaitu ada korelasi yang signifikan antara motivasi dengan hasil belajar siswa. Maka dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan model pembelajaran problem based learning bermediakan iSpring suite 10 terhadap hasil dan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Asam basa; Motivasi belajar; Model pemebelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 13 May 2024 06:22 |
Last Modified: | 13 May 2024 06:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56675 |